Jumat, 12 September 2008

VIOS Memenangkan Persaingan di Kelas Mini Sedan


Jakarta - April 2008, Vios membukukan penjualan di atas para pesaingnya di kelas mini sedan dengan penjualan mencapai 472 unit atau 39,2% m/s. Demikian pula pada data kumulatif Jan-April 2008, di mana Vios memimpin dengan angka 1.882 dan pangsa pasar 30,7%. Hampir seluruh produk Toyota di segmen non-komersil seperti Corolla Altis, Camry, Yaris, Kijang Innova, Avanza, Rush dan Fortuner 4x4 juga tercatat sebagai market leader di kelas masing-masing. Sedangkan dilihat dari total penjualannya, April lalu Toyota mendominasi 34,7% pasar otomotif nasional dengan angka penjualan bulanan tertinggi selama beberapa tahun ke belakang, yaitu mencapai 17.913 unit.

Dengan angka tersebut, berarti dibandingkan bulan sebelumnya, peningkatan yang dialami Toyota adalah sebesar 2.751 unit atau naik 18% dari Maret lalu. Prosentase ini lebih tinggi daripada pencapaian pasar otomotif nasional, yang pada bulan April mencatatkan angka 51.639 unit. Dilihat dari komposisi market, Toyota stabil pada peringkat pertama, disusul oleh Mitsubishi (15,6%) dan Daihatsu (13,5%).

“Pencapaian bulan April ini sangat menggembirakan, karena pada bulan ini Toyota berhasil mencatatkan rekor penjualan mendekati 18 ribu unit yang bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan prestasi penjualan pada bulan-bulan sepanjang 2005, “ ungkap Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor. “Selain itu, dominasi Vios serta produk-produk Toyota lainnya di pasar masing-masing membuktikan bahwa produk dan layanan Toyota tetap dipercaya sebagai pilihan utama masyarakat Indonesia.”

Lebih lanjut tentang penjualan Toyota pada pasar sedan bulan April 2008, terdapat peningkatan yang cukup signifikan dengan penjualan mencapai 1.876 unit. Sebagaimana Vios, Corolla Altis dan Camry juga memimpin pasarnya dengan penjualan 604 unit (68,9%) dan 427 unit (42%). Komposisi 3 besar pasar sedan bulan April ini adalah Toyota (58,6%), Honda (24,7%), serta Suzuki (2,3%), dan penjualan nasional di pasar ini adalah 3.199 unit.

Bulan April, dominasi produk-produk Toyota juga terlihat dalam pasar kendaraan 4x2. Total jumlah penjualan kendaraan 4x2 Toyota adalah 14.274 unit, dengan peningkatan lebih tinggi dari jumlah penjualan nasional yang mencapai 31.639 unit. Dalam pasar ini, tercatat keberhasilan Yaris dan Rush dalam mengalahkan pemain-pemain lain di kelas masing-masing. Yaris mendominasi 32,5% kelas 4x2 Mini Medium dengan penjualan 1.303 unit, sementara Rush menguasai 33,3% kelas 4x2 MPV dengan jumlah unit 1.305. Avanza dan Kijang Innova stabil memimpin kelasnya dengan penjualan sebesar 6.244 unit (47,4%) dan 4.822 unit (68,6%).

Di segmen kendaraan 4x4, Toyota Fortuner juga mencatatkan angka penjualan tertinggi dengan pangsa pasar sebesar 45,2% pada April 2008.

Kendaraan Non-Komersial

Pada segmen ini, Toyota berhasil menjual 16.236 unit kendaraan, atau 46,4% dari total jumlah penjualan nasional yang mencapai 35.024 unit.

Kendaraan Komersial

Penjualan nasional di pasar kendaraan komersial 16.615 unit, di mana Toyota menguasai 10,1% pasar dengan penjualan 1.677 unit. Toyota Dyna adalah penyumbang terbesar penjualan Toyota di pasar ini dengan angka 1.082 unit atau 17,3% market share kelas 2 ton, selain Hilux yang menguasai 21,4% pasar kelas 4x2 Medium Komersil dengan penjualan mencapai 595 unit.

Sumber : Toyota Astra Motor

Followers

Archive

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo