Kamis, 11 September 2008

Toyota Aygo Crazy Yang Galak


JAKARTA, SENIN - Toyota mempersiapkan mobil konsep 'Aygo Crazy' untuk dipamerkan pada acara London Motor Show (LMS) 2008, bulan depan. Desainnya bukan sama sekali baru, justru diambil dari sedan mungil yang sudah dilaunching 2005 lalu, Aygo.

Bentuk Aygo yang diambil dari kata Eye Go gabungan dari Yaris, Corolla, Verso dan Avensis. Bermesin 1.000 cc 3 silinder diproduksi untuk menjawab permintaan mobilitas dan kepraktisan yang tinggi di kota-kota modern. terpenting lagi, gampang parkirnya.


Lantas di mana gilanya? tengoklah eksteriornya dibikin widebody dengan bantuan bodi kit. Dipadu dengan keempat roda menggunakan velg ukuran 17, plus sayap belakang yang terinspirasi dari balap single seater ala Amerika, Champ Car. Tampilan Aygo Crazy jadi kekar dan terkesan bisa melesat dengnan kecepatan tinggi.

Tidak salah memang, sebab mesin standar 1.000 cc diganti dengan versi 1.8L VVT-i 4 silinder. Dapur pacu ini sudah pernah dipasang pada Toyota Celica dan MR2. Pemilihan ini tak lain untuk mengimbangi tampilan Aygo yang sudah bernuansa reli. Bedanya, pada dapur pacu Aygo ditambah koversi kit turbo untuk mendongkrak tenaga mencapai 200 dk dan torsi 240 Nm.

Sistem transmisi yang manual 5-speed versi jalan raya diganti model motorsport- spec buatan Helix Motosport. Sedang suspensi diadopsi dari MR2 dengan MacPherson Struts depan dan belakang.

Untuk interior dirancang oleh pakarnya, O’Rourke, termasuk tempat duduk yang bucket seat dan roll cage. Bobot bertambah lebih berat 160 kg sehingga totalnya menjadi 1090 kg. Ketika dijajal akselerasi 0-100 km/jam ditembus 5,75 detik dan kecepatan maksimum bisa mencapai 200 km per jam.

Followers

Archive

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo