Kamis, 11 September 2008

J.D Power: Toyota Astra Paling Memuaskan


JAKARTA - Tahun ini, Toyota Astra Motor kembali meraih peringkat tertinggi dalam studi kepuasan konsumen dalam pelayanan purna jual atau costumer satisfaction index (CSI) yang dilakukan oleh lembaga J.D Power Asia Pacific.

Data yang diterima okezone dari J.D Power Asia Pacific, di antara 10 merek yang diikutsetakan dalam studi pada 2008 ini, Toyota meraih peringkat tertinggi dengan nilai 766 dari skala 1.000 dan memperoleh nilai sangat baik untuk kualitas, kemudahan, dan pengalaman selama servis. Ini merupakan perolehan poin tertinggi kedua yang diterima Toyota. Tahun lalu, merek mobil terlaris di Indonesia juga mendapat poin tertinggi untuk studi CSI. Di posisi kedua, Ford Motor memperoleh poin 763 dengan nilai sangat baik untuk inisasi servis dan petugas pelayanan. Sementara Isuzu di posisi selanjutnya dengan poin 760. Isuzu mengalami kenaikan 8 poin dibanding studi 2007.

Ini merupakan studi kedepalan yang dilakukan J.D Power Asia Pacific di Indonesia. Studi mengukur keseluruhan kepuasan konsumen yang memiliki usia kepemilikan mobil mulai 12 hingga 18 bulan. Ada tujuh faktor yang diukur dalam menemntukan kepuasan secaa keseluruhan, yaitu kualitas servis, masalah yang daialami, kemudahan servis, pertugas pelayanan, inisiasi, penyerahan, dan pengalaman selama servis.

J.D Power melibatkan 2.589 pemilik mobil yang mebeli kendaraannya mulai Agustus 2006 dan Mei 2007. Kerja lapangan dilakukan antara Februari dan Mei 2008.

CSI merupakan satu dari tiga studi konsumen yang dilakukan J.D power Asia Pacific di Indonesia. Selain CSI, J. D Power juga melakukan studi Sales Satisfaction Index (SSI) atau kepuasan konsumen dalam proses penjualan mobil baru dan Initial Quality Study (IQS) yang mengukur permasalahan yang dialami pemilik mobil baru.

J.D Power and Associate , merupakan lembaga riset dan konsultasi bagi industri automotif, teknologi informasi, dan keuangan. Kantor pusat terdapat di California, AS. Sementara J.D Power Asia Pacific berbasis di Singapura. (ton)

Sumber: Okezone.com

Followers

Archive

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo