Kamis, 11 September 2008

Survei Sindo - Toyota adalah Brand Terfavorit


Toyota menunjukkan taringnya. Industri raksasa yang sudah eksis selama bertahun-tahun di Indonesia ini berhasil menyandang sebagai merek mobil terbaik (best car brand) berdasarkan survei harian Seputar Indonesia (Sindo).

Perkembangan dunia automotif yang marak dan pesat bukan hanya menguntungkan konsumen dengan semakin variatifnya pilihan yang ditawarkan. Di sisi lain, fenomena ini juga membuka peluang bisnis yang sangat lebar.

Angka penjualan mobil menunjukkan kenaikan signifikan dibanding periode yang sama 2007. Penjualan mobil hingga Juli 2008 mencapai 353.353 unit.
Menyadari bahwa sektor automotif bisa menjadi motor penggerak pembangunan, Sindo pun berupaya untuk menggenjot motivasi pemainpemain sentral di industri ini untuk terus melakukan gebrakan.

Bukan hanya sekadar menyuguhkan inovasi-inovasi baru dalam hal produk, desain, penampilan serta kualitas mesin, tapi juga mengupayakan pelayanan yang lebih memuaskan kepada konsumennya. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menggelar sebuah program penghargaan yang ditujukan bagi merek-merek mobil terbaik dan terfavorit di mata pembaca Sindo melalui ajang bertajuk Sindo Best Car Awards.

Ada lima kategori yang ditetapkan dalam ajang yang baru pertama kali digelar Sindo ini, yakni brand terbaik, sport utility vehicle (SUV) terfavorit, multi purpose vehicle (MPV) terfavorit, Mini MPV/city car terfavorit, serta sedan terfavorit. Pemilihan pemenang untuk kategori best car brand dilakukan berdasarkan tiga parameter.

Pertama, merek apa yang pertama kali disebut oleh responden ketika mendengar kata mobil (top of mind awareness). Kedua, merek mobil apa yang terakhir kali digunakan (last used), dan terakhir merek mobil yang ingin dipakai konsumen jika suatu saat ingin mengganti mobil yang dimiliki (future intention).

Metodologi yang digunakan dalam survei ini adalah wawancara melalui telepon dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Responden yang bisa mengikuti jajak pendapat adalah mereka yang memiliki mobil pribadi dan rutin mengendarai mobil selama satu bulan terakhir.

Dan dari proses pengumpulan suara terhadap 1.008 responden yang dijaring sejak 1 April hingga 17 Juli 2008.Berdasarkan hasil survei, Toyota mampu mengungguli lawan-lawannya dengan perolehan suara sebanyak 49,28 persen.

Honda dan Suzuki juga memantapkan eksistensinya dengan meraup perolehan suara yang cukup besar. Dari hasil jajak pendapat yang dilakukan terhadap pelanggan Sindo yang menetap di 9 kota, Honda meraup suara sebanyak 20,05 persen, sementara Suzuki duduk di urutan ketiga dengan skor 9,84 persen.

(sindo//ton)

Sumber : Okezone.com Jum'at, 5 September 2008 - 09:52 wib

Followers

Archive

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo