Kamis, 11 September 2008

Penjualan Mobil Agustus Melonjak 41%


JAKARTA - Penjualan mobil pada Agustus 2008 melambung 41 persen menjadi 58.704 unit dibanding bulan yang sama 2007 yang tercatat sebanyak 41.448 unit.

Kenaikan itu dipicu aksi borong mobil yang dilakukan konsumen. "Konsumen khawatir harga mobil akan kembali naik sehingga mereka melakukan spekulasi dengan mempercepat pembelian mobil," ujar Freddy Sutrisno, Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di Jakarta Minggu (7/9/2008).

Namun dari sisi penjualan bulanan, pasar mobil nasional pada Agustus 2008 terkoreksi tipis 3,5 persen dibanding penjualan pada bulan sebelumnya sebanyak 60.836 unit. Kendati begitu, kalangan produsen automotif menilai hal itu tidak terkait dengan tren, tetapi hanya disebabkan pendeknya hari kerja pada Agustus sehingga mengurangi proses transaksi. "Ada libur tujuh belasan pada Agustus sehingga proses produksi di pabrik berkurang," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.

Jadi, meski turun, Amelia menilai pasar mobil nasional masih tetap dalam momentum pertumbuhan. Dia memprediksi pasar mobil pada September ini pun tetap akan tumbuh pesat dibanding bulan yang sama 2007. Namun, pasar bulan ini pun diperkirakan lebih rendah dibanding Agustus karena pendeknya hari kerja seiring libur Lebaran.

Senada dengan Amelia, Wakil Ketua Gaikindo Johnny Darmawan mengatakan bahwa pasar akan kembali terkoreksi pada September karena sedikitnya hari kerja. Pada Ramadan, jelas dia, hanya tersisa 50 persen hari kerja yang efektif sehingga menurunkan penjualan. Fenomena ini terjadi hampir setiap tahun. "Kalau Lebaran kan hanya 10 hari yang efektif, tapi bukan berarti permintaan hari per harinya berkurang. Saya kira permintaan akan tetap stabil, permasalahannya hanya hari kerja," jelas dia.

Penjualan mobil sepanjang Januari hingga Agustus 2008 tercatat melonjak 49 persen menjadi 412.205 dibanding periode sama tahun lalu sebesar 277.165 unit. Johnny menilai, jika pertumbuhan pasar tetap seperti ini, target 570.000 unit mobil sudah pasti akan terlampaui. "Bahkan bukan mustahil, pasar bisa mencapai 600.000 unit tahun ini," katanya.

Sementara itu, per Agustus 2008, penjualan Toyota tercatat melambung 44,5 persen menjadi 138.136 unit dengan pangsa pasar 33,4 persen. Hasil ini menjadikan Toyota sebagai pemimpin di pasar mobil nasional. Mitsubishi menguntit di posisi kedua dengan penjualan 61.678 unit, Suzuki di posisi ketiga dengan penjualan 53.409 unit, Daihatsu 49.797 unit, dan Honda 37.267 unit.

Data yang dirilis PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutkan, penjualan sedan Toyota meningkat 40,7 persen pada bulan lalu menjadi 1.645 unit. Di segmen sedan, Vios berhasil membukukan angka penjualan sebesar 1.230 unit. Di kelas 4x2 nonkomersial, Toyota berhasil membukukan total penjualan sebanyak 15.344 unit, meningkat 37,4 persen dibandingkan periode yang sama 2007.

Selain itu, penjualan dua produk andalan Toyota yakni Kijang Innova dan Avanza, terus meningkat dari bulan ke bulan. Agustus tahun ini Avanza terjual 7.742 unit, sedangkan Innova 4.437 unit. "Pencapaian Agustus ini sangat menggembirakan. Hasil ini terus mengukuhkan Toyota sebagai pemimpin pasar automotif nasional," jelas Johnny.
(sindo//ton)

Sumber : Okezone.com Senin, 8 September 2008 - 09:15 wib

Followers

Archive

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo