Jumat, 12 September 2008

Semakin Banyak Toyota di Dunia


Tokyo-Produksi global Toyota Motor Corp. naik seiring tingginya permintaan mobil irit di Negara-negara berkembang.

Dalam pernyataannya yang dikutip Bloomberg, produksi global Toyota meningkat 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi 720.923 unit.

Peningkatan produksi di China dan negara-negara berkembang lainnya membantu Toyota menggeser penurunan produksi di USA dimana tingginya harga bahan bakar menyurutkan permintaan terhadap truk dan SUV. Produksi Toyota di China meningkat 43%.

Di luar afiliasinya, Daihatsu Motor Co. dan Hino Motors Ltd, pertumbuhan produksi global Toyota sebesar 0,1% menjadi 350.351 unit. Sementara produksi di Jepang sendiri naik 19 persen menjadi 370.572 unit. Tingginya kenaikan di Jepang itu karena pada Juli 2007 produksi di Jepang turun ke level terendah dalam 8 tahun terakhir gara-gara gempa bumi. Gempa itu menyebabkan pabrik ring piston terbesar di Jepang berhenti produksi.

Selain Toyota, dua produsen otomotif besar di Jepang juga meningkatkan produksinya. Honda naik 18% menjadi 342.152 unit dan Nissan naik 27% menjadi 350.351 unit.

Tingginya harga bahan bakar di USA menghancurkan keinginan konsumen membeli SUV dan pickup truck. Akibatnya produsen otomotif disana mengalami kesulitan. Hal itu mendorong Toyota menghentikan produksi pickup Tundra dan SUV Sequoia selama tiga bulan mulai Agustus.(Bloomberg)

Sumber : Toyota Astra Motor

Followers

Archive

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo