Kamis, 11 September 2008

Toyota Land Cruiser AX200 Kian Gagah, Meski Main Bodi Kit


JAKARTA, RABU – Dalam kondisi standar saja, tongkrongan Toyota Land Cruiser (TLC) AX200 ini sudah gagah. Tapi, yang namanya selera, kesempurnaan dan kepuasan nggak ada batasnya. Seperti yang diinginkan pemilik TLC AX200 yang baru dibelinya akhir 2007 lalu. Tampilan mobilnya lebih elegan.

Niat memodifikasi muncul saat membeli TLC itu. Meski hanya sebatas memainkan bodi kit, sayang komponen khusus kendaraan itu, seperti TRD atau Modellista belum tersedia. Yang ada hanya original aksesori. Mau tak mau satu set bodi kit resmi Toyota Original Accesories, mulai dari spoiler (depan-belakang), roof spoiler, gril, spion tanduk serta sidestep yang total menelan biaya Rp. 20 juta didatangkan dari Jepang.

Mirip Seperti di Tokyo
Walau sudah di tangan, tidak asal pasang. Sang pemilik ingin mobilnya seperti TLC yang dipamerkan di Tokyo Auto Salon beberapa waktu lalu. Lalu, roof rack dan bagian bawah spoiler – depan dan belakang – dicat silver. Sedang gril dikelir black anodize dan bilah-bilahnya diwarnai hitam. Begitu pula garnish di panel pintu belakang disenadai dengan bodi. Tujuannya, kata sang pemilik mengurangi norak akibat nuansa krom yang berlebih.

Untuk proses pengecetan bodi kit, kualitas cat harus sesuai standar TLC. Pemilik mempercayakan pada bengkel cat Triwa, Pondok Petir, Depok yang dikenal di kalanngan berkelas di Jakarta.

Selesai bodi, tak lengkap kalau kaki-kaki nggak diperbaiki dan standarnya juga berkelas. Kebetulan, sebelum TLC AX200 berada di tangan HS, dirinya sudah tersimpan satu set velg 24 inci iForged Technik. Suspensi juga berkelas, bidikannya Zeal dari 4x4prostaff.com. "Jadi cingkrang sekali mirip sepatu roda," kata HS, pemilik yang namanya minta disingkat saja. Tapi, yang dimaui tak bisa didapat segera sampai ke tangan lantaran butuh waktu. Bahkan sempat nyaris menyerah.

Semangat HS muncul lagi setelah membuka situs 4x4prostaff.com. Dan Zeal bikinan Jepang (seharga Rp 7 juta per set) ini menjadi satu-satunya yang memproduksi per keong untuk TLC tiper terbaru. "Malah pesanan saya diklaim yang pertama keluar dari Jepang," bangga HS.

Karena memang dirancang khusus, tak ada kendala pemasangan suspensi. Tanpa sunat per, bodi drastis rebah sekitar 3-4 jari dengan kenyamanan bagaikan memakai velg 20 dan 22 inci. Hasilnya, velg 24 inci tampak sangat serasi.

Dengan kesempurnaan serta konsep yang jelas, membuktikan sang pemilik termasuk salah satu pioner modifikasi TLC di tanah air. (Rendy)

MODIFIKATOR:
Velg, ban & aksesori: Concept Motorsport, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara
Pengecatan: Triwa, Pondok Petir (Sawangan), Depok
Audio: Carman, BSD Serpong, Tangerang

MODIFIKASI:
Body kit Toyota Original Accessories, gril Toyota Original Accessories, roof rack Toyota Original Accessories, roof spoiler Toyota Original Accessories, side step Toyota Original Accessories, emblem Tenty Inches Strong 24 inci, velg iForged Technik 24x10 inci, ban Toyo Proxes S/T 305/35ZR24, lowering kit Zeal, side mirror dop Zeal, spion dalam D.A.D, head unit TV Alpine IVA-W200i, speaker Focal, sub Focal Bomba 27Vi 12 inci, power Audison LRx 4.5.

Sumber : Kompas Rabu, 25/6/2008 | 16:37 WIB

Followers

Archive

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo