Minggu, 26 Oktober 2008

Taksi Toyota, Vios di Indonesia Altis di Thailand


JIKA di Indonesia, Toyota menggunakan model Limo yang menggunakan basis model Vios. Di Thailand, Toyota menggunakan basis Corolla Altis generasi kesepuluh, namun tetap mengusung nama Limo.


Toyota Motor Thailand (TMT) meluncurkan taksi yang menggunakan campuran bahan bakar gas (CNG) dan ethanol 20 persen tersebut, Jum'at kemarin. Menurut presiden TMT Vichien Emprasertsook seperti dikutip Bangkok Post, Sabtu (18/10/2008), taksi tersebut ditargetkan terjual sebanyak 200 unit per bulan. Target tersebut akan ditingkatkan menjadi 300 hingga 400 unit per bulan pada tahun depan.

Pengembangan mesinnya dilakukan TMT bekerjasama dengan Toyota Motor Asia Pacific. Dengan penggunaan bahan bakar tersebut, selain mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, emisi karbondiokisda yang dihasilkan juga jauh berkurang. Taksi Limo Altis ini juga sudah memenuhi standar Euro 3.

Meski digunakan untuk taksi, Vichien menjamin fitur masih menggunakan standar sehingga keamanan dan kenyamanan penumpang tetap terjaga. Mobil seharga 724.000 baht atau sekira Rp207,5 juta ini dilengkapi dengan mesin konvensional 1.6 liter. Harga ini lebih mahal 90.000 baht atau sekira Rp25,8 juta dari versi mesin murni bensinnya.

Vichien mengatakan, keunggulan mobil bertenaga gas untuk komersial, tak akan terlalu terpengaruh dengan kenaikan bahan bakar minyak. Pasalnya sebagian besar tenaga yang menyuplai penggerak mobil menggunakan gas yang berkapasitas penuh 75 kg. CNG sendiri mendapat subsidi sebesar 8,5 baht per kg (1 baht = Rp288). Lebih murah dibanding harga bensin sebagai usaha pemerintah Thailand untuk mempopulerkan penggunaan bahan bakar gas.

Ke depan TMT berencana untuk memasarkan varian Corolla Altis versi mobil penumpang yang menggunakan bahan bakar gas. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan penelitian terkait prospek harga gas dan ethanol serta ketersediaan gas itu sendiri. Mobil dengan 11 penumpang Toyota Ventury juga dipertimbangkan menggunakan gas.
(ton)

sumber : okezone

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo