Minggu, 26 Oktober 2008

Toyota Salip GM di China


Penjualan mobil Toyota di China lebih banyak daripada GM selama sembilan bulan pertama tahun ini, demikian dilaporkan Bloomberg, Selasa (21/10). Selama bertahun-tahun GM bersama kongsinya di China menjadi penjual mobil kedua terbesar di China.

Dua perusahaan kongsi Toyota di China meningkatkan penjualanya 30% menjadi 407.427 unit. Sementara penjualan GM sebanyak 373.945 unit. Data yang dilaporkan Bloomberg ini diolah berdasarkan data yang diterbitkan China Association of Automobile Manufacturers.

Penjualan Corolla dan model-model Toyota lainnya hampir tiga kali lipat rata-rata nasional setelah Toyota meresmikan pabrik baru tahun lalu. Toyota meresmikan pabrik senilai $ 527 juta di Tianjin, China pada Mei tahun lalu. Dengan berproduksinya pabrik tersebut, total kapasitas produksi Toyota dengan kongsinya, meningkat menjadi 420.000 unit atau hampir dua kali lipat sebelumnya.

Penjualan mobil di China tumbuh 11% dalam sembilan bulan pertama tahun ini, menjadi 5,1 juta unit. Produsen-produsen otomotif Jepang menguasai 31% pangsa pasar otomotif China yaitu 1,16 juta unit. Ini peningkatan signifikan, karena dalam periode yang sama tahun lalu, pangsa pasarnya 22%. Produsen otomotif Jepang kini jadi yang terbesar di antara produsen otomotif asing yang memproduksi mobilnya di China.

Di tingkat global, Toyota sudah melewati GM. Sepanjang paruh pertama tahun ini, Toyota menjual 2,41 juta unit, sementara GM 2,29 juta unit.

sumber : toyota-astra

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo