Minggu, 26 Oktober 2008

Toyota Yaris Paling Irit di MPG Marathon


LONDON - Toyota mendominasi ALD Fleet World MPG Marathon 2008 yang digelar di Inggris. Toyota Yaris berhasil menjadi juara umum sementara Toyota Aygo merajai segmen mesin bensin.

Lomba yang diikuti 39 mobil itu menempuh jarak 400 mil (640km). Rute lomba didesain agar mencakup semua aspek berkendara dengan beragam tipe jalan dan kondisi pengendaraan. Tolok ukurnya, siapa yang paling irit bahan bakar, dialah pemenangnya.

"Pencapaian ini merupakan prestasi tertinggi untuk mesin diesel dan bensin yang diciptakan Toyota. Melalui hasil tersebut, Toyota semakin tertantang menciptkan kendaraan yang hemat bahan bakar dan rendah emisi. Terlebih saat ini persaingan semakin kompetitif," ujar Richard Balshaw, General Manager untuk Toyota Fleet.

Dari seluruh peserta, Yaris diesel D-4D berkapasitas 1,4 liter keluar menjadi juara umum. Mobil berukuran kompak yang dikendarai Andrew Andersz dan Gary Luton mencatat tingkat efisiensi 84,66 mil/galon standar UK (70,49 mil/galon standar Amerika atau setara dengan 29,9 km/liter.

Angka yang dicapai Yaris ini bahkan 35 persen lebih besar dari angka konsumsi bahan bakar kombinasi yang dirilis resmi Toyota yaitu 62,8 mpg. Di segmen mesin bensin, Toyota Aygo 1.0 liter yang dikendarai James Sutherland dan Richard Hill jadi jawara dengan konsumsi bahan bakar 82.39 mpg UK atau setara dengan 29,16 km/liter.

Pencapaian ini bahkan lebih baik dari 78,39 mil/galon yang dicetak ketika menang tahun 2007. Toyota Aygo sudah berada di posisi terbaik dilomba ini dalam dua tahun belakangan.

Kemenangan tersebut menegaskan begitu efisiensinya mesin Toyota. Seperti akhir Juli 2008 di Canada, Toyota Corolla juga menjadi juara pada event bertajuk "50-litre Challenge" yang diikuti 13 peserta. Hanya dengan bermodalkan 50 liter bensin, Corolla mampu menempuh perjalanan sejauh 1.017 km.(ton)

sumber : okezone

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo