Jumat, 10 Oktober 2008

Airbag Pengaman Tabrak Belakang


SRS airbag ini berupa tirai yang terpasang pada jendela belakang mobil, dimaksudkan untuk melindungi penumpang di jok belakang di saat terjadi tabrakan dari arah belakang. Airbag inovatif yang diklaim sebagai yang pertama di dunia oleh Toyota Motor Corporation (TMC) per September tahun ini, akan mengembang dari bagian roof lining di bagian atas jendela belakang dan membentuk tirai pelindung.

Tirai airbag ini, secara bersama-sama dengan head restrain, ditujukan untuk meminimalkan dampak benturan pada bagian kepala di saat kendaraan terlibat tabrakan. Dengan demikian, membantu mereduksi potensi cedera. Peranti ini, dalam waktu singkat akan diaplikasi pada produk “iQ”, kendaraan empat tempat yang tergolong ultra-compact. Dengan demikian, penumpang belakang iQ juga akan mendapatkan perlindungan ganda.

Toyota memang tengah gencar mengembangkan teknologi pengamanan pada kasus tabrakan. Hasilnya, selain SRS curtain shield ini, juga sudah lebih dulu mengenalkan jenis airbag untuk melindungi lutut pengemudi.

Sebagai bagian dari dukungannya terhadap sustainable mobility, Toyota aktif pula berperan dalam inisasi keselamatan lalu lintas di jalan raya. Program Toyota dalam kaitan ini antara lain mengembangkan kendaraan yang aman melalui teknologi, serta berpartisipasi dan ikut mengkreasikan kondisi lalu lintas yang aman. Selain itu, Toyota juga aktif mendesain dan memberikan pelatihan pada masyarakat terhadap keselamatan di jalan raya.

sumber : smartdrive.co.id

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo