Minggu, 26 Oktober 2008

Penjualan Mobil Toyota Kuartal III Turun 4,3%


TOKYO. Kinerja sejumlah perusahaan otomotif besar dunia mengalami penurunan pada kuartal III tahun ini. Salah satunya adalah Toyota Motor Corp. Produsen mobil terbesar kedua dunia ini, membukukan penurunan penjualan dalam periode tiga bulan yang berakhir 30 September lalu untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir.

Penurunan ini terjadi akibat� krisis finansial global yang ikut melemahkan permintaan akan mobil. Sekadar catatan, Toyota hanya berhasil menjual sekitar 2,236 juta kendaraan di seluruh dunia pada kuartal III lalu. Jika dibandingkan, angka tersebut lebih rendah 4,3% dibanding periode sama tahun sebelumnya yang mencapai 2,336 juta.

Adanya penurunan penjualan itu diakibatkan semakin rendahnya permintaan akan mobil di AS, yang mencapai titik terendah dalam 17 tahun terakhir pada bulan lalu. Hal itu mendorong Toyota mengikuti jejak GM, Ford Motor Co dan Honda Motor Co untuk segera memangkas produksinya.

Dengan adanya laporan itu, alhasil, saham Toyota hari ini pun tergelincir. Pada sesi perdagangan pagi, saham Toyota terperosok 5% menjadi 3.250 yen. Sementara itu, pada pukul 12.31 waktu Tokyo, saham Toyota diperdagangkan pada posisi 3.260 yen.

sumber : kontan.co.id

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo