Jumat, 10 Oktober 2008

Detail Perubahan Avanza


Bila Honda memiliki Jazz maka Toyota mempunyai Avanza yang tak kalah fenomenalnya. Sejak pertama kali diluncurkan pada Januari 2004, Avanza langsung diserbu masyarakat Indonesia yang memang karakteristiknya menyukai mobil keluarga.

Nah! sebentar lagi atau tepatnya Selasa (14/10), Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan Avanza yang sudah mendapat penyegaran pada eksterior dan interiornya itu. Namun sampai saat ini bagaimana perubahannya masih teka-teki.

Pertama dari sektor eksterior, Avanza baru akan mendapat desain roof lining atau atap yang bergelombang seperti milik sang kakak, Toyota Innova. Selain menambah faktor aerodinamis dan memperkecil hambatan angin, desain atap bergelombang menggantikan atap Avanza lama yang rata, dipercaya lebih meredam suara hujan yang mengguyur atap Avanza sehingga kesenyapan kabin akan lebih baik.

Struktur body juga dikatakan dibuat lebih kokoh dan lebih rigid guna menjamin kenyamanan dan keselamatan para penumpangnya.

Toyota juga mengubah bumper depan dengan desain ‘honeycomb’ yang berbentuk sarang tawon guna melancarkan aliran angin sekaligus menciptakan kesan mewah. Sedangkan grill ditukar dengan disain Innova. Sementara Innova kini menggunakan grill Avanza.

TAM juga mengganti kaca spion yang kini dibuat melancip sehingga lebih dinamis. Tak ketinggalan velg dibuat lebih sporty dengan desain multispoke. Toyota juga disebutkan mengganti kaca dari semula berjenis clear glass menjadi green glas yang dampaknya visibility lebih jelas. Terakhir emblem VVT-i ditempatkan di depan samping kanan dan kiri yang sebelumnya dipasang di belakang.

Tak kalah pentingnya, Toyota mengembangkan suspensi Avanza facelift yang akan membuat berkendara semakin nyaman. Pengembangan suspensi ini dijanjikan akan mampu meredam setiap kejutan akibat jalanan yang tidak rata atau bergelombang. Selain itu, kestabilan Avanza pada kecepatan tinggi juga akan lebih terjamin.

Sementara di dalam kabin, Avanza akan mendapat warna interior baru Greige Color serta desain baru stir dengan palang empat yang membuatnya lebih mewah. Ditambah lagi jok fabric ditingkatkan kualitasnya guna mencapai kenyamanan maksimal saat berkendara.

Beberapa ornamen juga mendapat sentuhan chrome seperti pada pintu dan kaca belakang untuk tipe G dan S. Sedangkan untuk tipe E akan mendapat tambahan console box untuk menyimpan barang-barang. Khusus untuk tipe S yang merupakan varian tertinggi dengan menggunakan transmisi otomatis, desain tuas transmisinya menggunakan Shift Gate Type menggantikan desain vertikal pada varian lama yang berkesan konvensional.

Akan tersedia pilihan warna baru yakni Dark Grey dan Wine Red Mica yang lebih menarik untuk dilihat. Bagaimana dengan harganya? Meskipun pihak Toyota Astra Motor belum mengumumkan secara resmi, namun diperkirakan kenaikannya berkisar antara Rp 3 – 5 juta.

Sumber : inilah.com

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo