Jumat, 10 Oktober 2008

Toyota Buat Mobil Murah Tahun 2010


Jakarta ( Berita ) : PT Toyota Astra Motor berencana membuat mobil murah (low cost car) pada tahun 2010, karena pasar mobil di Asia seperti Cina, India dan Indonesia merupakan masih cukup besar.

“Pembuatan mobil murah itu akan dilakukan di atas tahun 2010 dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat untuk bisa mencapai tempat yang dituju lebih cepat,” kata Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Jhonny Darmawan kepada pers di Jakarta, Selasa [19/08].

Menurut dia, pada tahun 2010 kemungkinan produksi mobil murah dalam tiga sampai lima tahun diperkirakan akan bisa mencapai di atas 700.000 ribuan apalagi dengan permintaan pasar yang semakin tinggi.

“Kami optimis pasar mobil murah di Indonesia akan mendapat sambutan yang luarbiasa dari konsumen,” katanya.

Toyota saat ini telah melakukan berbagai riset maupun survei dengan membentuk tim agar proses produksi mobil murah bisa berjalan dengan baik.

Pembuatan mobil ini tidak ada kaitannya dengan produsen mobil dari India, Tata yang akan membuat mobil murah dengan nama Tata Nano, katanya.

Menurut dia, Tata membuat mobil murah itu untuk memenuhi kebutuhan domestik saja. Mobil itu diperkirakan merupakan sebuah kendaraan motor dengan struktur badan mobil. “Kami kira pembuatan mobil murah itu hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal saja dengan harga yang ditawarkan sebesar Rp30 juta,” katanya.

Toyota, lanjut dia, akan membuat mobil murah dengan harga di bawah Rp100 juta. Namun itu juga masih dalam penelitian tim agar dapat memenuhi kebutuh masyarakat luas.

Rencana membuat mobil murah itu, menurut dia karena persaingan industri mobil semakin ketat, bahkan Amerika Serikat yang telah membuat mobil berbadan besar mulai beralih ke badan mobil yang ramping.

Karena itu di Indonesia, peluang untuk membuat mobil murah yang lebih kecil dari mobil Avanza, sangat besar sekali, ucapnya.

Ia mengatakan, Toyota yang merupakan pemimpin paar (market leader) industri mobil di dalam negeri, melihat peluang untuk membuat mobil murah itu sangat memungkinkan sekali untuk bisa digarap lebih jauh. Kedepan Toyota harus dapat membuat suatu inovasi baru yang lebih baik dari sebelumnya agar “market leader” tetap menjadi milik Toyota, ucapnya.

Sumber : beritasore.com

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo