Senin, 03 November 2008

Toyota, Honda dan Nissan Tertinggi Dalam IQS 2008


JAKARTA, JUMAT - Toyota, Honda dan Nissan meraih posisi tertinggi dalam kualitas awal melalui masing-masing modelnya. Penilaian dilakukan J.D. Power Asia Pacific, perusahaan yang melakukan riset terhadap kepuasan konsumen dan layanan konsultasi, salah satunnya di bidang industri otomotif dan diumumkan, Rabu (30/10) dalam Indonesia Intial Quality Study (IQS) 2008 di Jakarta.

Penilaian menitikberatkan pada kualitas kendaraan baru selama dua sampai 6 bulan pertama dari masa kepemilikan. Studi mengukur lebih dari 200 gejala dan masalah yang dipisahkan menjadi dua kategori, yakni kualitas desain dan produksi yang Mencakup delapan komponen, dimulai dari eksterior, fitur, kontrol dan tampilan, tempat duduk, ventilasi dan pendingan, interior, mesin (transmisi) dan pengalaman berkendara.

Selain itu, kualitas secara keseluruhan juga dinilai dari 100 kendaraan.Untuk kualitas terbaik ditentukan dengan mendapat nilai terendah.

Dalam informasinya kepada Kompas.com, PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil menempatkan tiga unitnya meraih poin tertinggi. Prestasi itu diraih pada kelas sedan midsize melalui Vios dengan skor 116, lalu Rush di kelas entry SUV diwakili Rush dan kelas entry MPV direbut Avanza.

Sementara Honda unggul di kelas SUV melalui CR-V dengan nilai terendah 96. Sedang di kelompok midsize, City dan Civic berada di urutan kedua dan ketiga.

Di luar dugaan, Nissan menyabet prestasi di segmen premium compact car yang direbut oleh Livina. Kendaraan hatchback ini menyisihkan Toyota Yaris dan Suzuki SX4 dengan nilai terendah99.

"Lebih dari seperempat (26%) semua masalah yang dilaporkan menyangkut mesin dan trasmisi. Ini merupakan proporsi terbesar dari delapan komponen kendaraan yang diukur," jelas Rajeer Nair, country manager J.D. Power Asia pacific, Singapura. Dan Indonesia IQS (Initial Quality Study) 2008 ini, lanjut Rajeer berdasarkan eveluasi yang diberikan oleh 2.857 pemilik kendaraan yang membelinya, mulai Oktober 2007 hingga Juli 2008

sumber : kompas.com

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo