Senin, 24 November 2008

Toyota Luncurkan Venza



Kamis, 13/11/2008 | 17:14 WIB

AMERIKA, KAMIS - Upaya Toyota mendongkrak penjualan yang mulai bulan lalu sampai sekarang terus merosot akibat diterjang krisis finansial sudah dilakukan. Di antaranya dengan menjual Toyota Corolla murah. Kini, Toyota Motor Sales Amerika (TMSA) menggelindingkan station wagon Venza dari pabriknya di Kentucky. Langkah ini untuk mendorong pasar yang lagi lesu.

TMSA akan melansir 5 model dengan banderol mulai dari Rp 285 juta (US$ 25.000 dengan kurs Rp 11.940) untuk model gerak roda depan dengan mesin V-4 hingga seharga Rp 350 juta bermesin V-6 berpenggerak All Wheel Drive (AWD). 

Menariknya, seperti Venza V4 mempunyai konsumsi bahan bakar 11,2 liter untuk jarak tempuh 100 km di dalam kota(21 miles per gallon), sedang yang V-6 1:8,1 liter di jalan bebas hambatan.

Sesuai dengan rencana, Venza V-6 mulai dikirim ke dealer-dealer awal Desember ini. "Januari tahun depan, produksi dan penjualan sudah berikut kedua modelnya," bilang sumber Toyota.

Di pangsa pasar kelas kendaraan kecil, Toyota meraih sukses denngan sedan subcompact Yaris. Sementara pesaingnya, Honda Motor Co juga menanggok sukses di kelas kendaraan kecil melalui Fit (di Indonesia Jazz) mengalami kenaikkan sampai 33 persen khusus Oktober lalu. 

Venza yang memakai platform Camry ini memang dijual secara eksklusif untuk Amerika Utara. Sebagai pabrikan mobil dengan penjualan terbesar, Toyota kini mengalami kesulitan di negeri Paman Sam. Bayangkan, Oktober lalu penjualan mereka sampai anjlok 23 persen. Makanya, melalui Venza coba menutupi kekurangan itu.

sumber : kompas

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo