Senin, 03 November 2008

Tahun ini Toyota Jadi Nomor 1 di Dunia


TOKYO - Tahun ini nampaknya akan menjadi milik Toyota. Banyak kalangan memprediksikan, Toyota akan menggeser posisi General Motors sebagai produsen mobil nomor 1 di dunia.

Berdasarkan data yang dikutip Bloomberg, selama sembilan bulan 2008, Toyota, termasuk unit Daihatsu dan Hino, berhasil membukukan penjualan sebanyak 7,051 juta unit mobil di seluruh dunia. Jumlah ini meningkat sekira 1.000 unit dibanding periode yang sama tahun lalu. Sementara GM baru akan mengumumkan hasil penjualannya selama 2008 pada 29 Oktober. Meski demikian, pada semester pertama 2008, Toyota sudah mengungguli GM dengan selisih penjualan sebanyak 278.000 unit.

Pada triwulan ketiga (Juli-September) tahun ini, Toyota menjual sebanyak 2,236 juta mobil. Angka ini turun 4,3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Tahun lalu GM mengungguli perolehan penjualan Toyota dengan selisih sebanyak 3.100 unit.

Penurunan penjualan GM tak lepas dari lesunya pasar Amerika Serikat sebagai penyumbang terbesar penjualan GM. Terlebih lagi, segmen truk dan SUV yang menjadi andalan GM semakin ditinggalkan konsumen yang beralih kepada kendaraan bermesin kecil. Ini sebagai dampak kenaikan harga bahan bakar. Sementara Toyota tak terlalu mengandalkan penjualan jenis truk dan unggul di mobil bermesin kecil dan hybrid.

sumber : okezone

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo