Kamis, 19 Februari 2009

Toyota Target 700.000 Unit di China


Seperti produsen otomotif lainnya di seluruh dunia, Toyota juga mengalami tekanan hebat akibat krisis global saat ini. Pasar utamanya, USA mengalami pengerutan signifikan sehingga penjualan Toyota turun drastis.

Untungnya Toyota tidak bergantung pada satu pasar saja. Sudah sejak awal dekade ini, Toyota memupuk pasar-pasar baru di dunia. China salah satunya. Negara raksasa dengan pertumbuhan ekonomi di atas 9% per tahun itu kini tumbuh menjadi salah satu pasar otomotif terbesar di dunia. Diramalkan tahun ini China akan menggeser USA sebagai pasar otomotif terbesar di dunia.

Toyota sudah membangun sejumlah pabrik mobil di yang tersebar di seluruh China. Tahun ini Toyota berharap penjualannya meningkat 20%, hingga lebih dari 700.000 unit, seperti ditulis Sina.com.

Pasar otomotif China juga terpengaruh krisis global, tapi tidak sedahsyat Amerika Utara dan Eropa. Toyota akan fokus untuk meningkatkan penjualan di China sepanjang tahun ini, mengimbangi penurunan di pasar global. Sejauh ini, permintaan terhadap model-model Toyota yang dipasarkan di China cukup bagus. Toyota Camry dan Yaris misalnya, kini stoknya sangat terbatas. Sementara Lexus menunjukkan pertumbuhan penjualan yang mengesankan.

Tahun lalu Toyota menjual 585 ribu unit atau naik 17% dari tahun 2007. Namun angka itu dibawah target yang dicanangkan yaitu 600 ribu unit. Januari 2009, China mengambil alih posisi USA sebagai pasar otomotif terbesar di dunia. Ini sinyal positif kepada produsen-produsen otomotif global, termasuk Toyota. Produsen otomotif terbesar di dunia ini terus mengembangkan jaringan distribusi dan meningkatkan brand image-nya bersama mitranya, FAW Toyota dan Guangzhou Toyota.

sumber : Toyota Astra

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo