Kamis, 19 Februari 2009

Banyak Merek Turun, Toyota Terbaik


Faktor apa yang dianggap terpenting sebelum membeli mobil baru, dan merek apa yang dianggap bisa memenuhi faktor itu. Bagaimana penilaian publik terhadap sebuah merek? Seperti apa anggapan konsumen terhadap sebuah merek? Semua itu coba di cari jawabnya lewat Brand Perception Survey yang dilakukan Consumer Reports setiap tahun.

2009 Brand Perception Survey memperlihatkan dinamika pergeseran posisi antar merek dibandingkan survey serupa tahun lalu. Banyak merek turun, ada yang naik. Toyota termasuk merek yang menunjukkan kenaikan dalam peringkat survei ini.

Brand Perception Survey, mengukur pemahaman konsumen dan mengetahui bagaimana konsumen memposisikan merek-merek dalam urutan rangkin berdasarkan tujuh faktor krusial. Tujuh faktor itu adalah safety, kualitas, peforma, value, efisiensi bahan bakar/ramah lingkungan, disain dan inovasi teknologi. Survei ini juga mengukur faktor-faktor apa yang paling penting bagi konsumen ketika membeli mobil.

Toyota mendapat nilai tertinggi dalam overall brand perception yaitu 193. Toyota nyaris selalu di lima besar di setiap kategori, bahkan menjadi yang paling atas. Posisi Toyota relatif jauh dibandingkan posisi kedua yang mendapat nilai 149. Sebagai pembanding, nilai terendah adalah 7. Namun nilai-nilai itu, tidak merefleksikan kualitas, tapi respon konsumen, demikian pernyataan Consumer Reports dalam rilisnya.

Survei ini dilakukan di USA, dengan melibatkan 1,745 responden yang dirumahnya memiliki sedikitnya satu mobil.

Di kategori safety, Toyota berada di posisi ke empat. Safety adalah faktor terpenting bagi wanita saat membeli mobil. Sementara bagi pria, kualitas diatas segala-galanya.

Di kategori kualitas, Toyota nomer satu, sementara Lexus di posisi ke empat. Lebih dari 25% responden menganggap kualitas paling penting ketika mereka membeli mobil baru. Toyota dikenal memiliki kualitas tinggi, baik kualitas mobil baru maupun daya tahannya. Hal terlihat dalam survei kualitas jangka panjang, dimana nyaris tidak ada masalah yang dialami pemilik dalam tiga tahun pertama memiliki mobil buatan Toyota.

Di kategori value, Toyota berada di posisi kedua. Hampir dari separuh responden menilai value sebuah kendaran merupakan faktor terpenting ketika membeli mobil baru. Dan lebih dari 25% menilai Toyota adalah merek dengan value terbaik.

Kategori kinerja, Toyota berada di posisi ketiga berkat semakin banyaknya konsumen yang menilai mesin Toyota makin bertenaga dan efisien.

Di segmen efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan, Toyota berada diposisi pertama. Dengan selisih signifikan dengan posisi kedua, menegaskan bahwa Toyota identik dengan merek yang efisien dan ramah lingkungan. Reputasi itu dibangun antara lain lewat teknologi hybrid dan mobil kompak irit bensin.

Di kategori disain, Lexus berada di peringkat teratas, melampaui merek-merek mobil mewah yang sudah lebih dulu eksis.
Di kategori Teknologi dan inovasi, Toyota di posisi teratas, dan Lexus di posisi ketiga. Ini indikasi bahwa teknologi Toyota seperti Hybrid Synergy Drive, juga VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent), dan teknologi lainnya, diterima di hati konsumen.

sumber : Toyota Astra

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo