Selasa, 31 Maret 2009

Tampil Fresh bagi Kawula Muda




















PT Toyota Astra Motor (TAM) baru-baru ini meluncurkan New Yaris versi facelife dengan tampilan yang lebih fresh (segar) dari generasi sebelumnya. Toyota Yaris generasi teranyar itu ditawarkan dengan harga antara Rp 170juta hingga Rp 200 juta lebih.

Toyota sendiri mengklaim, Yaris generasi terbaru tersebut didesain dengan tampilan yang lebih fresh, stylish, kaya fitur, dan semakin groovy untuk konsumen anak muda di Indonesia. Menurut Toyota, untuk menghadirkan kendaraan yang sesuai dengan keinginan anak muda tersebut maka New Yaris juga dilengkapi dengan perangkat entertainment terbaru yang lebih lengkap, seperti steering switch dan new audio conector.

Perangkat new audio conector berfungsi sebagai auxiliary input (auxin) yang dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat pemutar audio, seperti MP3, iPod, dan perangkat lainnya.

Selain sistem entertainment, perubahan sebenarnya juga banyak dilakukan Toyota pada Yaris generasi terbaru tersebut. Tapi, seperti lazimnya kendaraan versi minor chanege, perubahan hanya terjadi pada desain eksterior dan interior saja.

Untuk eksterior, perubahan dilakaukan pada lampu, desain grill, desain bumper depan-belakang, warna interior, serta desain pelek.

Lampu depan New Yaris terlihat lebih atraktif, dengan lekukan sisi bagian dalam yang seolah menyatu dengan bumper. Sementara bentuk grillnya lebih mengecil dengan penambahan froglamp pada sisi-sisinya.

Di sektor buritan, mica stop lamp-nya diselaraskan dengan bumper. Jika sebelumnya antara pintu bagasi dan bumper terdapat gap ketinggian yang besar, maka pada model barunya ini "jarak" tadi tampak lebih rapat.

Kesan yang paling kental pada New Yaris ini dibanding pendahulunya dapat dilihat dari lekukan bodinya yang mengacu Toyota Camry. Menurut Toyota, itu terjadi karena New Yaris memakai lampu utama yang lebih besar, yang otomatis mengubah bentuk kap mesin dan merembet hingga ke bodi bagian belakangnya.

Di bagian interiornya, perubahan dilakukan pada bagian pelapis jok, door trim, serta warna dasbor, termasuk model knop A/C yang mengalami perubahan dari pendahulunya.

Perubahan lainnya tampak pada smart entry-nya. Perubahan itu membuat pengendara dan penumpang lebih dimanjakan, karena hanya dengan menyentuh sebuah tombol berwarna hitam, pintu akan terbuka.

Selain itu, Yaris terbaru ini juga dilengkapi dengan pelek 8-spoke (palang delapan) menggantikan sebelumnya 5-spoke (palang lima).

Yang membanggakan, menurut Toyota, desain New Yaris merupakan hasil pengembangan bersama desainer Toyota Motor Coorporation (TMC) di Jepang dengan pemenang Toyota Design Contest 2008.

Sentuhan desain Jepang di antaranya terdapat pada bagian bumper depan-belakang, grill, spoiler depan-belakang, rear-head lamp, dan rear combination lamp. Sementara hasil kerja desainer Indonesia (pemenang Toyota Design Contest 2008) terlihat pada Hood ornament, Frog lamp ber-covergranish, dan Aero mudguard.

Untuk mesin, Toyota Yaris generasi terbaru itu masih mengandalkan mesin 1NZ-FE VVT-I, karena dinilai mampu memberikan performa yang bagus, gesit, dan lincah.

New Yaris yang ditawarkan dalam" delapan varian berbeda, yaitu tipe J Manual, J Manual TRD, J Automatic, E Manual, E Manual Dress Up, E Automatic, S Manual, S Automatic, dan S Automatic Limited.

Sedangkan untuk warnanya, New Yaris ditawarkan dengan enam pilihan, yaitu Super White H, Super Red V, Silver Metalic, Medium Silver Metalic, Black Mica, dan Light Blue Mica.

sumber : Toyota Astra

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo