Selasa, 31 Maret 2009

INNOVA E M/T 2.0 BENAR-BENAR UNTUK KELUARGA




Enjoy your holiday with Kijang Innova. Pesan pendek dari Rouli Sijabat, Marketing Public Relations PT Toyota Astra Motor, (TAM) itu muncul pada layar telepon seluler Tempo saat baru saja beranjak dari gerbang kantor TAM di Sunter, Jakarta Utara, akhir pekan lalu.

Yup, long weekend lalu Tempo mendapat kesempatan menjajal Kijang Innova tipe E bermesin bensin dengan transmisi 5-speed manual. Tipe E Memang bukan tipe termewah dari Innova. Perangkat audio pun hanya cassette player, tak ada pemutar CD (compact disc), apalagi lainnya.

Selain tipe E, pada generasi kelima ini, Innova tampil dalam varian lain yang lebih mewah, yaitu G dan V. Keduanya masing-masing memiliki varian mesin 2.0L bensin dan 2.5L diesel, juga tersedia pilihan transmisi 4-speed otomatis (A/T) dengan ECT.

Dari tampilan luar, tipe E mudah dikenali. Kijang Innova E tidak memiliki fog lamp seperti Tipe G dan V. Velg juga menggunakan model standar berukuran 14 inci. Memang terlihat agak kurang imbang dengan panjangnya, yang mencapai 4,5 meter. Dua varian lain agak lumayan karena menggunakan velg berukuran 15 inci.

Okelah, sebagai family car, andalan Innova adalah kemampuannya menyamankan penumpang. Nah, gubahan yang dilakukan pada tipe E menjadikan Innova lebih mewah. Tengok saja kabin dua kelir (two tone) yang kini sudah dilengkapi integrated rear blower, yang membuat sejuk penumpang di baris kedua sampai ketiga. Seatbelt juga tersedia sampai baris terbelakang sehingga menambah keamanan.

Untuk pengemudi, setir berbentuk palang tiga dilengkapi fitur tilt & power steering, kemudian juga sudah ada power window & power lock door plus auto alarm seperti mobil-mobil kelas atas.

Mumpung libur panjang, beberapa lokasi rekreasi keluarga disambangi. Selama tiga hari, Taman Safari Cisarua, Kebun Raya Bogor, Pantai Ancol, sampai belanja bulanan dilakoni. Semua keperluan keluarga bisa dimuat tanpa masalah. Bahkan bangku baris ketiga, yang bisa dilipat ke samping, juga membuat ruang bagasi bertambah luas. Soal suspensi juga lumayan bagus. Meski memuat enam penumpang, mobil tetap nyaman berkat Double Wishbone with Coil Spring and Stabilizer (depan) serta 4 Link with Coil Spring and Lateral Rod (belakang). Sayang, model ini tak dilengkapi wiper belakang, sehingga membutuhkan perhatian ekstra untuk melihat kendaraan lain di belakang pada saat hujan.

Untuk urusan mesin, tipe E dilengkapi mesin berkapasitas 1.998 cc 4 silinder segaris 16 katup WT-i (Variable Valve Timing with Intelligence). Sedikit injakan kaki pada pedal gas sudah cukup membuatnya melaju kencang, meski penambahan laju mobil sedikit berat ketika jarum speedometer sudah menunjukkan angka 110 km/jam. Toh, siapa juga yang mau ngebut sambil membawa keluarga?

sumber : toyota

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo