Kamis, 11 Desember 2008

Penjualan Toyota Indonesia Masuk 5-6 Besar Dunia


Penjualan mobil Toyota di Indonesia masuk lima sampai enam besar dalam penjualan mobil Toyota di seluruh dunia. Prestasi ini sangat memungkinkan Indonesia sebagai basis produksi penting dan diperhitungkan oleh Toyota Motor Corporation (TMC). "Tahun ini, penjualan TAM (Toyota Astra Motor) bisa mencapai sekitar 208.000 sampai 209.000 unit, yang menjadikan Indonesia masuk 5-6 besar penjualan Toyota di seluruh dunia," kata Presdir TAM Johnny Darmawan di Jakarta, Selasa (9/12).

Selama ini, penjualan mobil Toyota yang masuk lima besar di dunia adalah Amerika Serikat (AS), Jepang, China, Thailand, dan Australia. Namun, seiring dengan memburuknya perekonomian dunia, penjualan mobil mengalami penurunan di berbagai negara tersebut.

Adapun penjualan mobil Toyota di Indonesia justru mengalami peningkatan. Pada Januari-November 2008, penjualan TAM telah mencapai 194.232 unit atau naik 42,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2007 yang mencapai 136.674 unit.

Selama 11 bulan itu, penjualan terbesar TAM adalah Avanza sebanyak 76.826 unit atau naik 34 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 57.280 unit. Begitu juga Kijang Innova yang terjual sebanyak 47.862 unit atau naik 32 persen dibandingkan periode 2007 yang mencapai 36.315 unit. Baik Avanza maupun Kijang Innova merupakan kendaraan yang dirakit di dalam negeri dengan tingkat komponen lokal sekitar 65 persen.
  
"Kondisi itu menjadikan Indonesia sebagai negara yang diperhitungkan oleh prinsipal (TMC)," ujar Johnny. Ia menilai, pasar mobil di Tanah Air masih menunjukkan pertumbuhan dan ini membuat posisi Indonesia semakin kuat di mata para prinsipal (pabrikan), terutama dalam kaitannya menjadikan Indonesia sebagai basis produksi, baik untuk domestik, maupun ekspor.
 
Ditambahkan oleh Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto, pencapaian penjualan TAM selama Januari-November 2008 menempatkan Toyota tetap sebagai pemimpin pasar mobil di Indonesia dengan penguasaan pasar sebesar 34,1 persen.

Pada Januari-November 2008, penjualan mobil nasional telah mencapai 569.026 unit atau naik sekitar 44 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 395.293 unit, sedangkan pada 2009, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkirakan pasar akan turun 30 persen menjadi 350.000 sampai 450.000 unit.

"Kami menargetkan tahun ini dan tahun depan tetap menguasai sekitar 34 persen pasar mobil di Indonesia, meskipun pada 2009 diperkirakan pasar mobil akan turun," katanya.

Sumber :kompas

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo