Jumat, 12 Desember 2008

Fashion Meets Function - Majalah JIP, 10 Desember 2008


Fortuner tampil lebih gagah dan eksklusif, tanpa mengorbankan sisi fungsional berkat serangkaian aksesori spesial.

Tampak jelas mata pria itu melirik ke kami saat berpapasan di jalan. Saya dan rekan fotografer sempat bingung, mengira pengemudi Fortuner itu salah satu teman lama. Tapi, setelah beberapa kali mendapat reaksi serupa dari pemakai Fortuner lain, barulah kami tersadar o mereka pasti memperhatikan tampilan Fortuner kami.

Memang, SUV Toyota yang kami bawa ini tampil lebih jantan, lebih istimewa dibanding versi standar. Tampilan wah dan gagah bukan hanya lantaran varian terbaru, tapi juga karena dijejali beberapa aksesori spesial.

Jangan samakan dengan aksesori after-market yang banyak beredar di pusat onderdil. Semua peranti tambahan ini dirancang khusus untuk Fortuner, dengan kualitas yang memenuhi standar tinggi yang diterapkan Toyota.

Bukan sekadar kosmetik, tapi juga mendukung fungsi serta kepraktisan. Dan tidak seperti aksesori aftermarket, semuanya mendapat jaminan langsung dari Toyota, alias tidak mengganggu garansi. Bisa begitu, karena semuanya memang dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan label Toyota Genuine Accessories (TGA).

Tercatat ada 21 aksesori spesial, terdiri dari 10 aksesori eksterior, ditambah 11 aksesori interior. Ini di luar pelek racing 17 inci Iho.

Kita mulai dari bagian depan, paling mengundang perhatian adalah Front Grille Guard yang menempel di depan gril. Bentuknya besar mirip bull bar menambah kesan gagah, dibuat khusus mengikuti kontur bagian muka Fortuner. Berpadu dengan Hood Protector, dua item ini tak hanya melindungi, tapi juga mengatur aliran angin agar kotoran melenceng dari kaca depan. Pada perjalanan jauh terbukti lebih aman dan bersih, sebab mengeliminir kotoran dan serangga yang biasanya menempel saat mobil melaju kencang.

Masih di area depan, tepatnya di pojok kiri atas, ada Front Fender Mirror. Jangan sepelekan peranti dengan cermin ganda ini. Fungsinya untuk membantu pengemudi mengawasi bagian depan dan samping kiri mobil. Maklum, untuk manuver di jalan-jalan perkotaan yang padat, pemilik SUV pun butuh alat pantau semacam ini. Dan bila terpaksa butuh perlindungan lebih di sudut yang sulit dipantau, di depan masih ada Corner Bumper Protection.

Bergeser ke bagian tengah, ada Side Visor yang bertugas melindungi penumpang saat membuka kaca ketika hujan. Spion juga mendapat sentuhan dengan lampu sein, berpasangan dengan rumah handel pintu berlapis krom, memberi sentuhan kemewahan.

Di bagian atas ada Roof Rail dan Roof Tray. Lagi-lagi, ini bukan aksesori gagah-gagahan semata. Kala kapasitas ruang kabin dirasa tak cukup lagi, dapat memanfaatkan ruang atap yang masih luas. Tentu dengan mengikuti pakem safety menyangkut bobot barang bawaan.

Di atap bagian belakang, juga tersedia spoiler khusus yang dilengkapi lampu rem tambahan. Di bagian bawah, masih ada Muffler Cutter dan Rear Lamp Cover berlapis krom. Dua aksesori ini merupakan sentuhan detail yang memberi pembeda, sekaligus menguatkar kesan eksklusif.

Tak hanya di luar, bagian dalam juga mendapat treatment spesial. TGA pun menyediakan rangkaian aksesori interior seperti panel serat karbon untuk bagian tengah dasbor, panel pintu, serta tuas transmisi. Selain itu ada juga scuff plate, baik yang stainless steel, maupun yang illuminated. Dilengkapi lampu yang elegan, juga membantu kala mengakses kabin. Selain itu, masih ada air purifier khusus untuk menjaga kebersihan udara kabin.

Semua aksesori ini dapat diperoleh pada dealer-dealer resmi Toyota. Tinggal datang dan pasang. Asyiknya, semua item ini juga memiliki garansi khusus layaknya mobil baru. Jadi, tak perlu ragu lagi bila ingin aksesori Fortuner, ingat saja Toyota Genuine Accessories.

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo