Kamis, 26 Februari 2009

Yaris Facelift Minor Change 2009


Di tengah gelombang krisis ekonomi dunia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) selaku ATPM Toyota di Indonesia berencana merilis Yaris terbaru pada April mendatang. Compact Hatchback terbaru yang melakukan world premiere di Bologna Motor Show 2008 ini tampil kian sporty.Konsep Vibrant Clarity yang diusung Toyota pun semakin mewarnai garis-garis bodi Yaris terbaru ini. Garis keseragaman bentuk di antara jajaran produk Toyota terpancar dari bentuk moncongnya.

Konsumen akan dengan mudah menemukan ciri serupa seperti yang dimiliki Camry atau Vios.Eksterior menjadi target utama penyegaran yaris terbaru ini.

Perubahan Yaris facelift ini juga meliputi desain headlamp dengan dimensi yang semakin membesar. Akibatnya desain kap mesin yaris yang menggunakan teknologi pedestrian safety mengalami perubahan juga. Sedangkan lampu belakang mengalami perubahan yaitu menggunakan warna oranye untuk lampu sein dari sebelumnya warna putih dan penggunaan lampu halogen untuk lampu stopnya.

Bumper depan mengalami perubahan desain, lubang udara yang lebih besar dan terlihat juga penambahan chrome list pada bagian fog lamp. Design vleg yaris juga mengalami perubahan dari 5 jeruji menjadi 8 jeruji sehingga menambah kesan lebih bergaya dan dinamis.




Read More..

Sabtu, 21 Februari 2009

Toyota Rangkul Konsumen dengan Dua Program Memikat


BALI— Sekalipun menjadi market leader, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku ATPM Toyota tidak tinggal diam, apalagi kondisi ekonomi global yang mengakibatkan pasar otomotif di Tanah Air melesu. Sebagai langkah antisipasi, TAM mengumpulkan main dealer dan dealer dari seluruh nusantara mengikuti acara konvensi yang digelar setiap tahun.

Dalam acara konvensi ke-29 dan digelar di Bali sebagai bentuk apresiasi TAM kepada dua ujung tombaknya (main dealer dan dealer) yang berjumlah 186 sales outlet dan 165 service center. Bentuknya, berupa penghargaan Outlet Sales Performance, kategori Best Outlet Sales Performance, kategori Main Dealer Sales Performance, dan lain-lain.

“Pertemuan ini selalu kami gelar tiap tahun. Segala keberhasilan yang diraih oleh Toyota merupakan hasil kerja keras dan kerja sama oleh semua pihak, termasuk 186 sales outlet dan 165 service center Toyota di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, semoga apresiasi ini dapat terus memotivasi Toyota secara keseluruhan, mulai dari TAM, main dealer, dealer dan pihak lain yang terkait,” ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor di Bali.

Untuk 2009, lanjut Johnny, merupakan tantangan yang tidak ringan. Keberhasilan TAM mendapat berbagai penghargaan dari Toyota Motor Corp (TMC), salah satunya 200K Sales Achievement Award karena berhasil menjual lebih 200.000 unit, semakin memotivasi memberikan yang terbaik, terutama kepada pelanggan.

Bentuknya, berupa peningkatan layanan 24 jam melalui hotline yang memang menjadi komitmen Toyota. Selain itu, TAM memberikan program, seperti Pesta Tahun Baru dan Innovaganza yang akan memmudahkan para pelanggan untuk dapat memiliki produk-produk Toyota yang berkualitas, best value, dan didukung layanan perunajual, mulai dari Nanggroe Aceh Darussalam sampai Papua.

sumber : kompas
Read More..

Toyota Siapkan Yaris dan Prius III untuk Pasar Indonesia 2009


JAKARTA — Sebelum tutup tahun 2008, tepatnya saat peluncuran Toyota Avanza baru, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan pernah mengatakan bahwa pasar otomotif 2009 masih gelap. Kemudian, ketika memperkenalkan Toyota Hilux D-Cab di Golf Senayan, Jakarta, ia menegaskan sudah tidak gelap, tetapi tetap dengan prediksinya sekitar 400.000 unit total penjualan tahun ini.

Yang cukup mengagetkan, dari mulutnya terlontar kata "Toyota akan agresif tahun ini". Pengertiannya tentu sangat luas, tetapi benang merah dari ungkapan itu adalah berkaitan dengan produk-produk baru yang akan di-launching tahun ini.

Selama 2009, TAM paling sedikit akan menyodorkan tiga produk baru. Salah satunya Lexus yang sudah ditampilkan Kompas.com kemarin. Jika dari sumber dalam TAM menyebutkan satu model, informasi dari luar menyebutkan 4 model.

Model lainnya, sedan hatchback Toyota Yaris. Lagi menurut sumber dari dalam, sedan 1.500 cc ini akan hadir setelah lebih dulu launching di Thailand yang diperkirakan paling cepat Maret mendatang.

Namun, sebagai informasi Yaris 2009 sendiri punya tiga versi. Dua varian hatchback dan satu lagi model empat pintu. Semuanya sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc.

Terakhir, Toyota Prius hybrid generasi III yang di Jepang baru diperkenalkan sekitar Mei mendatang. Harganya di atas Rp 200 juta, lebih mahal sedikit dari Honda Insight.
Read More..

Toyota Avanza dan Kijang Sabet Gelar Top Brand


JAKARTA, -- PT Toyota Astra Motor tidak hanya berhasil mempertahankan reputasinya sebagai market leader di Indonesia. Beberapa prestasi lain juga disabet melalui produk andalannya dalam top of mind customer Indonesia yang dilakukan majalah Marketing bersama Frontier Consulting Group dengan melakukan survei di 6 kota besar di Bandung, Jakarta, Medan, Makassar, Semarang, dan Surabaya.

Tidak tanggung-tanggung, Toyota menyabet tiga gelar. Toyota Avanza sebagai primadona TAM bersama Kijang berjaya di kelompok MPV serta Corolla Altis menyodok di kategori sedan. Untuk MPV, Kijang menduduki peringkat teratas dengan 38,8 persen, naik dari tahun lalu 32,9 persen. Berarti, nama besar Kijang di konsumen Indonesia masih kuat. Ini terbukti, sejak 2002 sampai sekarang, Kijang terus menggondol Top Brand MPV.

“Prestasi Toyota Kijang dalam mempertahankan prestasi ini selama 8 tahun berturut-turut menunjukkan bahwa brand Toyota Kijang telah mengakar sedemikian rupa dan menjadi top of mind masyarakat Indonesia. Kami bersyukur bahwa masyarakat Indonesia tetap memercayai Toyota Kijang sebagai kendaraan keluarga terbaik,” ucap Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor.

Adapun Avanza, mini MPV yang fenomenal dengan total penjualan yang signifikan, di saat krisis ini meraih Top Brand dengan 18,4 persen indeks. Di luar dugaan, Altis dari keluarga Corolla yang menjadi generasi ke-10, sama seperti Kijang, juga sudah melekat di hati penggemarnya. Sedan ini mendapat Top Brand dengan 18,6 persen indeks.

sumber : kompas
Read More..

Biar Terlambat, Toyota Hilux 4x4 D-Cab Paling Murah


JAKARTA — Langkah berani diambil PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Toyota. Di saat kondisi pasar otomotif di Tanah Air sedang lesu akibat sengatan badai krisis finansial global, mereka malah launching Hilux Double Cabin (D-Cab) 4x4 di Zerah Golf Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (21/1).

Padahal, TAM sendiri belum berpengalaman bermain di kelas D-Cab berteknologi 4x4. Kemudian, dalam pangsa pasar nasional tahun ini yang mencatat total 607.151 unit, D-Cab hanya melahap sekitar 16.026 unit atau sekitar 2,7 persen. Terakhir, Hilux ini boleh dibilang sangat terlambat kehadirannya dibandingkan kompetitornya dari Ford, Mazda, Nissan, Mitsubishi, Isuzu, dan Great Wall (China).

"Kendalanya di soal negosiasi yang terlalu lama, hampir setahun dengan prinsipal. Mereka menanyakan soal kualitas fuel dan kondisi jalan," jelas Presiden Direktur PT TAM Johnny Darmawan. Ia juga mengatakan, ditambah dengan adanya prosedur impor dan persetujuan baru turun November, maka launching-nya baru sekarang.

Meski terlambat, Johnny punya keyakinan kalau 'bayi baru' mereka bisa bersaing dengan kompetitornya. Malah, Joko Trisanyoto, selaku Direktur Pemasaran, berani menargetkan penjualan tahun ini sebanyak 2.000 unit atau 20 persen dari total tahun ini yang diprediksi turun sekitar 40 persen atau sekitar 10.000 unit. "Kita lihat situasi di perkebunan, kalau cepat recovery-nya, bisa lebih dari 2.000 unit," papar Joko.

Johnny menambahkan, ia melihat ada pertumbuhan yang lebih baik di perkebunan dan pertambangan dari tahun lalu. "Untuk sementara ini, pemasarannya dipusatkan di Jawa dan Sumatera. Karena di dua wilayahnya, kualitas solarnya masih lebih baik dibanding daerah lain. Tapi tidak tertutup kemungkinan, daerah lain bisa dimasuki juga," tegas Johnny.

Ada dua faktor yang meyakinkan Johnny dan TAM bahwa Hilux 4x4 mereka bisa diterima pasar. Faktor pertama, soal harga. Di kelasnya, Hilux yang dibanderol Rp 281.500.000 (OTR) merupakan yang termurah dibanding lima kompetitornya, yaitu Ford dengan Ranger XCT TDCi 4x4 3.0 diesel berharga di atas Rp 300 juta, Isuzu D-Max 3.0 diesel M/T sekitar Rp 322 juta, Nissan Frontier Navara Rp 305 juta (bensin), dan Mazda BT50 DC High-grade diesel dibanderol Rp 284,5 juta.

Sebagai informasi, ada beberapa kompetitor sudah menaikkan harganya. Berarti, Toyota Hilux berada paling bawah. Namun, bagi penggemar D-Cab, jika tertarik dengan produk Toyota ini, cepat beli karena akan ada perubahan harga lagi. Menurut Division Head Sales Division TAM Jodjana Jody, pada kuartal kedua, harga Hilux ini akan naik lagi di atas Rp 300 juta.

Faktor kedua, D-Cab Toyota ini punya keunggulan tenaga. Mesin tipe 1KD-FTV 4 silinder DOHC 16 Valve itu mempunyai tenaga 163 ps pada 3.400 rpm. Terakhir, dari segi dimensi (lengkapnya bisa buka di rubrik "Produk Baru").

sumber : kompas
Read More..

Kamis, 19 Februari 2009

Tenaga besar, harga paling murah.


Toyota rupanya tak mau ketinggalan berebut kue pasar kabin ganda di Tanah Air. Prediksi pasar boleh saja lesu, tapi PT Toyota Astra Motor (TAM), pemegang merek Toyota di Indonesia, melansir Toyota Hilux Double Cab (D-Cab).

Keluarga IMV (innovative international multipurpose vehicle) ini bukan yang pertama dimasukkan Toyota. Sebelumnya sudah ada satu varian lain, yaitu Hilux 4x2 Single Cabin.

Dari tampang luar, varian double cab yang bisa mengangkut lima penumpang ini lebih lebar dan jangkung. Maklum, jika model single cabin menggunakan platform Kijang Innova, double cabin memakai platform Fortuner.

Tampilan Fortuner memang terasa kental pada tubuh Hilux. Mulai bumper depan, samping, sampai interior yang dilengkapi sporty combination meter, audio system, power window, door lock, serta single air conditioner.

Dengan tagline The Incredible Hilux—mengambil tokoh komik rekaan raksasa hijau—Hilux dipasangi mesin diesel Common Rail Direct Injection berkapasitas 3.0-liter DOHC 4-silinder. Mesin bertipe 1KD-FTV dengan teknologi variable nozzle turbo intercooler itu menghasilkan tenaga 163 PS pada 3.400 rpm dan torsi 35 kgm pada 1.400-3.400 rpm.


Tenaga dan harga Rp 281,5 juta — terendah dibandingkan dengan rival-nya — menjadi andalan Toyota dalam merebut pasar. "Kami mentargetkan '20 persen dari total pasar 4x4 Indonesia," kata Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT TAM. "Hilux akan mampu mencapai penjualan 350-425 unit. Itu angka optimistis kami."

Hitung-hitungan itu didasarkan pada angka penjualan Hilux Single Cabin, yang pada tahun lalu mampu terjual 6.980 unit. Apalagi industri pertambangan dan perkebunan tahun ini diperkirakan bakal membaik.

Sektor inilah yang menurut Achmad Rizal, Manajer Pemasaran TAM, menyerap 90 persen Hilux, sedangkan hanya 10 persen untuk passenger car.

Optimistis? Boleh saja. Tapi Hilux harus menghadapi pesaing yang sudah lebih dulu beredar. Sebut saja Mitsubishi dengan Strada Triton, Ford Ranger, Isuzu D-Max, atau Mazda BT-50.

Perhatian khusus tampaknya harus ditujukan Toyota kepada Strada Triton yang menguasai pasar ini. Sepanjang tahun lalu, tiga varian Strada Triton milik PT Krama Yudha Tiga Berlian terjual pada angka 8.407 unit atau menguasai 52,6 persen pasar double cab.

Mitsubishi mengklaim pasar mobil berpenggerak empat roda sudah mereka kuasai sejak 2005, tiga tahun setelah Strada pertama kali diluncurkan di Indonesia. "Kami tetap yakin dan confidence karena sebagai market leader di kelas 4x4," kata Intan Vidiasari, Public Relations Manager KTB.

Pesaing lainnya, Ford, menyokong pernyataan Toyota bahwa pasar terbesar double cab berpenggerak empat roda, sekitar 80 persen, adalah industri atau yang populer dengan istilah "fleet market". Ford sendiri tahun lalu mencatat penjualan 5.400 unit.

"Pasar double cabin akan lebih bergairah dengan munculnya "pemain" baru dalam segmen ini," kata Safaruddin Husada, Communication Manager PT Ford Motor Indonesia.

Adapun Mazda punya pendapat lain. PT Mazda Motor Indonesia mengaku penjualan seri BT-50-nya tidak signifikan dan bakal ada penurunan tahun ini. Pada tahun lalu, BT-50 terjual 1.547 unit dengan pangsa pasar 8 persen.

"Pastinya ada penurunan walaupun kondisi pasar akan berubah-ubah," kata Astrid Ariani Wijana, Brand Communication Manajer PT MMI. Selamat bersaing.

sumber : Toyota Astra
Read More..

Jaminan Kepuasan Pemakai Toyota Hybrid


Amerika Serikat – Para konsumen Paman Sam yang baru saja membeli hybrid baru dari Toyota maupun Lexus bakal tersenyum lebih lebar. Pasalnya Toyota menawarkan program Certified Used Hybrid.

Dengan program ini konsumen akan mendapatkan jaminan kepuasan di atas rata-rata. Jaminan kepuasan itu diantaranya pelayanan secara menyeluruh selama tiga bulan pertama pemakaian atau 3.000 mil. Pada kurun waktu ataupun jarak tempuh tersebut Toyota-Lexus memberikan garansi mobil akan mendapat pergantian bila terjadi kerusakan.

Jaminan lainnya adalah tujuh tahun atau 100.000 mil untuk sistem penggerak. Tambahannya adalah garansi delapan tahun atau 100.000 mil untuk baterai. Dengan garansi yang lumayan panjang menunjukkan bahwa mobil-mobil hybrid terbaru Toyota maupun Lexus kualitasnya di atas para pesaingnya.


Sebagai pengusung teknologi hybrid kali pertama yang sukses menembus pasaran dunia dengan Toyota Prius, kini yang ditawarkan Toyota-Lexus semakin variatif. Teknologi hybrid telah terdapat pada Toyota Camry, Highlander SUV, Lexus LS, GS dan RX SUV. Bahkan tahun ini juga ada Lexus HS 250 hybrid.

Dan Gorrell, President of North Tustin, Calif.-based research and consulting firm AutoStrategem, mengatakan program Certified Used Hybrid sangat tepat diterapkan di saat kondisi ekonomi Amerika yang sedang lesu. “Sungguh masuk akal program dari Toyota untuk tetap menjaga pasar mobil hybrid-nya. Pada program tersebut konsumen dibuat semakin yakin akan kekuatan baterai mobil hybrid. Secara keseluruhan kualitas mobil semakin lebih baik,” terang konsultan perotomotifan ini. (*)

sumber : Toyota Astra
Read More..

Toyota Avensis: Pembaruan Sukses?


KETIKA AUTOCAR tiba di Nice, Francis, untuk suatu acara test drive di akhir Agustus 2008, resesi global belum menyentuh industri mobil di Eropa. Toyota, sebagai tuan rumah acara, masih bersemangat tinggi, meskipun masalah kredit perumahan di Amerika sudah mulai terkuak. Tapi, itu dulu. Kini, tiga bulan kemudian, saat kami menulis artikel ini, kami merasa sulit memahami pasar yang berguguran dalam waktu yang sangat singkat.

Kami berada di Nice untuk mencoba Avensis baru, sedan medium dari Toyota. Kami merasa tertarik, meski sebetulnya prestasi Toyota di segmen ini biasa saja. Menurut perusahaan Jepang itu, kekuatan pada model sebelumnya terdapat pada emisi gas buang yang minim serta akselerasi. Jadi, mereka memfokuskan pengembangan Avensis pada desain, gaya, pengendaraan, dan performa transmisinya. Dengan Avensis, Toyota mencoba lebih mendekat ke pasar premium. Kualitas, nilai, performa, dan 'dinamisme individual Eropa' menjadi landasannya.

Demi mendekatkan diri pada pasar Eropa, sebanyak 35 teknisi Toyota di Eropa dikirim ke Jepang agar dapat terlibat langsung dalam proses pengembangan Avensis. Pada paruh kedua pengembangannya, chief engineer Yamamoto pindah ke Eropa dan mengemudikan prototipe Avensis sejauh 4.800 km.

Avensis menggunakan platform yang sama sekali baru. Bagian depannya lebih lebar 44 mm dan belakang lebih lebar 37 mm dari pendahulunya. Panjangnya 4,7 m (untuk versi estate lebih panjang 70 mm). Selain itu, suspensi double wishbone baru terpasang di bagian belakang, sehingga chassis lebih kokoh.

Avensis akan tersedia dalam tiga pilihan mesin bensin (1.6L 130 hp, 1.8L 145 hp, dan 2.0L 150 hp), serta tiga pilihan mesin diesel (2.0L 124 hp, 2.2L 148 hp/337 Nm, dan 174 hp/398 Nm). Sedangkan transmisi yang akan digunakan kemungkinan manual 6-speed dan Multidrive CVT untuk dipasangkan dengan mesin bensin, serta transimisi otomatis biasa untuk mesin diesel.

Sebetulnya sulit untuk memberikan penilaian secara pasti karena mobil yang kami coba masih merupakan prototipe. Meskipun demikian, model Estate (tampak seperti Lexus luar dan dalam) adalah model yang paling enak dilihat. Namun, model Sedan juga bisa dibilang telah mantap secara desain, namun kurang menarik perhatian, tidak seperti, katakanlah, Vauxhall Insignia.

Desain interiornya mencerminkan kualitas interior Toyota yang selalu mendetail. Tatanan tombol-tombol dan indikator di dashboard sangat jelas dan praktis. Penempatan cup holder dan tempat penyimpanan di bawah armrest juga rapih. Mungkin hal terbaik mengenai interior adalah lapangnya kabin dan ruang kaki, serta posisi mengemudi yang sangat baik.

Setelah melihat penampilan Avensis, catatan kami merambah ke soal pengendaraan dan stabilitas. Berdasarkan pengalaman kami mengemudikan mobil ini, stabilitasnya cukup bagus, sehingga membuat mobil ini meyakinkan untuk dikemudikan. Mesin diesel 2.0L yang diusung pada Avensis bertransmisi manual terasa berisik, tapi pada mesin diesel 2.2L yang bertransmisi otomatis, suaranya lebih baik. Mesin 2.0L-nya cukup lembut (meskipun berisik), dan kedua transmisi tersebut berpindah gigi dengan lembut dan baik. Segala sesuatu mengenai mobil ini, yakni rem, pengendalian, dan pengendaraan cukup baik, namun tak lebih dari itu.

Jujur saja, Avensis baru ini adalah versi Avensis yang mendapatkan lebih banyak sentuhan dibanding model terdahulu. Dibangun dengan ketelitian, dibentuk dengan rapih, interiornya luas, stabil, aman, dan tentu saja dapat diandalkan. Tapi, kalau dibandingkan dengan rival sekelasnya, seperti Citroen C5 atau Honda Accord, Avensis terasa biasa saja.

TEKNOLOGI BARU: OPTIMAL DRIVE

TEKNOLOGI Efficient Dynamics yang dikembangkan oleh BMW rupanya sukses besar. Sehingga membuat 'penguasa' pasar mobil hybrid, yaitu Toyota, terpaksa menirunya. Pabrikan Jepang tersebut menyebutnya Optimal Drive dan dipasangkan pertama kali pada Avensis baru. Teknologi ini dikembangkan untuk memangkas emisi gas buang dan meningkatkan performa. Optimal Drive dipasang pada beberapa mesin Toyota.

Pada mesin bensin, komponen utamaOptimal Drive adalah teknologi Valvematic yang mengontrol pergerakan katup pada mesin, sedangkan pada mesin diesel yang menjadi andalan adalah sistem DCATyangtelah memenuhi persyaratan emisi Euros. Mesin bensin yang berkapasitas lebih besar juga diuntungkan dengan penggunaan tfansmisi Multidrive, sementara mesin diesel dipasangkan dengan transmisi otomatis yangdiklaim lebih efisien.

KEUNGGULAN
- Versi Estate sangat menarik
- Kabin Lega
- Detail pada bagasi Estate yang baik

KEKURANGAN
- Hasil akhirnya yang kurang berkarakter
- Handlingnya biasa
- Tidak terdapat versi hatchback

DATA & FAKTA
TOYOTA AVENSIS 2.0 D-4D 130
Harga: US.284
Top speed: 200 kpj
0-100 kpj: 9,7detik
Konsumsi BBM: 19kpl
Emisi C02: 134 g/km
Bobot: 1.490 kg
Mesin: 4-silinder, 1.998 cc, turbodiesel
Konfigurasi: Depan, melintang, gerak roda depan
Tenaga maks: 124 hp @ 3.600 rpm
Torsi: 309 Nm 01.750-4.500 rpm
Transmisi: Manual, 6-speed
Kapasitas tangki: 60 liter
Kapasitas Bagasi: 509 liter
Velg: 18 inci alloy

PENDAPAT KAMI
Rival Mondeo yang dibangun dengan baik dan interiornya lapang. Tetapi, kurang sentuhan personal.
***

sumber : Toyota Astra

Read More..

Prius Terbaru Lebih Irit Dari Perkiraan


Amerika Serikat – 2010 nanti warga Amerika Serikat akan mendapatkan kesempatan memilih Toyota Prius terbaru. Mobil hybrid paling sukses sejagat itu akan diluncurkan versi terbaru, yang diklaim lebih hemat BBM karena bisa mencapai 21,1 km/liter (50 mpg).

Penasaran dengan klaim Toyota, Bill Reinert, Manager Toyota Motor Sales USA melakukan pengujian sendiri sampai sejauh mana keiritan Prius. Dari hasil tes dengan pemakaian normal atau sesuai kondisi lalu lintas yang sebenarnya, ternyata lebih irit dari klaim pabrikan.

Bila sebelumnya 21,1 km/liter, Prius yang dijajal mampu mencapai 27,4 km/liter (65 mpg). “Saya meminta staf saya untuk mengemudikannya secara normal. Inilah hasilnya,” tegas Bill.

Prius terbaru memakai sistem hybrid paralel dengan baterai jenis nickel-metal. Mengusung mesin 1.800 cc yang lebih bertenaga dari versi sebelumnya. Inovasi lainnya adalah bobot inverter, motor dan transaxle yang lebih ringan. (*)

sumber : Toyota Astra Read More..

Banyak Merek Turun, Toyota Terbaik


Faktor apa yang dianggap terpenting sebelum membeli mobil baru, dan merek apa yang dianggap bisa memenuhi faktor itu. Bagaimana penilaian publik terhadap sebuah merek? Seperti apa anggapan konsumen terhadap sebuah merek? Semua itu coba di cari jawabnya lewat Brand Perception Survey yang dilakukan Consumer Reports setiap tahun.

2009 Brand Perception Survey memperlihatkan dinamika pergeseran posisi antar merek dibandingkan survey serupa tahun lalu. Banyak merek turun, ada yang naik. Toyota termasuk merek yang menunjukkan kenaikan dalam peringkat survei ini.

Brand Perception Survey, mengukur pemahaman konsumen dan mengetahui bagaimana konsumen memposisikan merek-merek dalam urutan rangkin berdasarkan tujuh faktor krusial. Tujuh faktor itu adalah safety, kualitas, peforma, value, efisiensi bahan bakar/ramah lingkungan, disain dan inovasi teknologi. Survei ini juga mengukur faktor-faktor apa yang paling penting bagi konsumen ketika membeli mobil.

Toyota mendapat nilai tertinggi dalam overall brand perception yaitu 193. Toyota nyaris selalu di lima besar di setiap kategori, bahkan menjadi yang paling atas. Posisi Toyota relatif jauh dibandingkan posisi kedua yang mendapat nilai 149. Sebagai pembanding, nilai terendah adalah 7. Namun nilai-nilai itu, tidak merefleksikan kualitas, tapi respon konsumen, demikian pernyataan Consumer Reports dalam rilisnya.

Survei ini dilakukan di USA, dengan melibatkan 1,745 responden yang dirumahnya memiliki sedikitnya satu mobil.

Di kategori safety, Toyota berada di posisi ke empat. Safety adalah faktor terpenting bagi wanita saat membeli mobil. Sementara bagi pria, kualitas diatas segala-galanya.

Di kategori kualitas, Toyota nomer satu, sementara Lexus di posisi ke empat. Lebih dari 25% responden menganggap kualitas paling penting ketika mereka membeli mobil baru. Toyota dikenal memiliki kualitas tinggi, baik kualitas mobil baru maupun daya tahannya. Hal terlihat dalam survei kualitas jangka panjang, dimana nyaris tidak ada masalah yang dialami pemilik dalam tiga tahun pertama memiliki mobil buatan Toyota.

Di kategori value, Toyota berada di posisi kedua. Hampir dari separuh responden menilai value sebuah kendaran merupakan faktor terpenting ketika membeli mobil baru. Dan lebih dari 25% menilai Toyota adalah merek dengan value terbaik.

Kategori kinerja, Toyota berada di posisi ketiga berkat semakin banyaknya konsumen yang menilai mesin Toyota makin bertenaga dan efisien.

Di segmen efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan, Toyota berada diposisi pertama. Dengan selisih signifikan dengan posisi kedua, menegaskan bahwa Toyota identik dengan merek yang efisien dan ramah lingkungan. Reputasi itu dibangun antara lain lewat teknologi hybrid dan mobil kompak irit bensin.

Di kategori disain, Lexus berada di peringkat teratas, melampaui merek-merek mobil mewah yang sudah lebih dulu eksis.
Di kategori Teknologi dan inovasi, Toyota di posisi teratas, dan Lexus di posisi ketiga. Ini indikasi bahwa teknologi Toyota seperti Hybrid Synergy Drive, juga VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent), dan teknologi lainnya, diterima di hati konsumen.

sumber : Toyota Astra

Read More..

Aygo Pilihan Wanita


Toyota Aygo makin matang, makin menarik hati. Sejak diluncurkan 2005, mobil yang lebih kecil dari Yaris ini terjual lebih dari 100.000 unit diseluruh Eropa. Kombinasi biaya kepemilikan rendah, style kontemporer dan karakter pengendaraan yang menyenangkan membuat Aygo memimpin di segmen A yang terus berkembang. Point plus Aygo kini bertambah emisi CO2 yang lebih rendah sehingga bisa memetik keuntungan dari regulasi pajak berbasis emisi yang kini semakin banyak dianut di Eropa.

Toyota Aygo keluaran 2009 menawarkan banyak hal, termasuk dua model baru yaitu Aygo Blue dan Aygo Black yang memiliki kelengkapan ekslusif, plus Aygo dan Aygo+, dengan body styles tiga dan lima pintu. Yang semuanya memakai mesin 1.0 liter VVT-I dengan transmisi 5MT atau MultiMode.

Mesin tiga silinder ini menjadi mesin terbaik pada International Engine of the Year 2008 dan 2007 di kelas 1.0 liter. Kini disempurnakan dengan Toyota Optimal Drive, membuat mesin lebih efisien lagi dan emisi lebih rendah.

Saat Aygo diluncurkan tahun 2005, mesin ini memproduksi 109 g CO2 tiap km. Awal 2008 angka itu turun jadi 108 g/km dan tahun ini angka itu turun lagi hingga 106 g/km. Kuncinya adalah cut-off system terbaru yang menghemat bahan bakar saat perpindahan gigi dan menggunakan pelumas lebih encer.

Karena seluruhnya dibuat dari aluminium, mesin Aygo jadi yang paling ringan yaitu 67 kg. Sekaligus paling kuat di segmen A yaitu 67 bhp dan torsi 93 Nm pada putaran mesin 3.600 rpm. Sebagai city car, tim insinyur Toyota bekerja keras agar mesin inibisa menyediakan torsi cukup kuat pada kecepatan mesin rendah hingga sedang. Hal itu dilakukan dengan optimalisasi sistem intake.

Aygo juga mengalami penyempurnaan di sektor NVH (Noise, Vibration and Harshness), seperti tambahan peredam suara lebih tebal dan lebih padat dan lembaran aspal ditambahkan di antara karpet dan lantai mobil.

Dua varian baru melengkapi Aygo, yaitu Aygo Blue dan Aygo Black. Aygo Blue lebih fokus ke kenyamanan dan kemudahan, dengan tambahan AC, Bluetooth, dan cat ekslusif Cayman Blue. Aygo Black lebih stylish dengan alloy wheel 14 inch, Alcantara dan kulit sebagai pelapis interior, kemudi dan knob tuas transmisi.

Di Inggris, penjualan Aygo mencapai 44.000 unit sejak diluncurkan. Sesaat setelah diluncurkan, Aygo terpilih sebagai Top Gear of the Year bersama dengan Bugatti Veyron, mobil super mahal yang sangat ekslusif.

Penjualan di seluruh Eropa sudah lebih dari 330.000 unit. Konsumen terbesarnya adalah anak muda dan wanita.

sumber : Toyota Astra
Read More..

Corolla Altis 2.0


Toyota Motor Philippines Corp. (TMP) memperkenalkan Corolla Altis 2.0 liter dengan teknologi Dual VVT-i, paddle shift dan smart entry. Varian teratas Corolla Altis ini ditawarkan dengan harga 1,1 juta Peso (Rp 278 juta) mulai bulan ini, demikian dilaporkan business world, Rabu (11/2). TMP meluncurkan varian pada 29 Januari lalu.

Tampilan eksteriornya tidak banyak berbeda dari varianya yang sudah diluncurkan. Varian 2.0 liter dibedakan dengan grill sarang lebah (honeycomb grille). Juga dilengkapi dengan adjustable-beam level xenon HID headlamps, wiper dengan sensor hujan serta spion yang bisa dilipat secara elektris.

Mesin 3ZR-FE empat silinder segaris 16 katup DOHC 2.0 liter ini bisa memproduksi 104 kW (140 hp) pada 5600 rpm dan torsi 189 Nm pada 4400 rpm. Teknologi Dual VVT-i mengatur gerakan katup masuk dan keluar untuk menghasilkan peforma mesin maksimal, namun tetap irit dan ramah lingkungan.

Efisiensi bahan bakar dan emisi diperoleh berkat penggunaan valve train dan piston yang lebih ringan dan lebih kecil. Torsi yang lebih besar bisa diperoleh diputaran lebih rendah hingga sedang. Hasilnya, Altis berakselerasi lebih halus dan lebih efisien.

Paddle shift, selain lebih mudah dan nyaman, juga meningkatkan keamanan dan keselamatan pengendara karena kedua tangan pengemudi tetap berada di roda kemudi. Sistem transmisi cerdas memungkinkan perpindahan gigi seperti manual pada sequential mode. Altis baru ini juga memiliki suspensi lebih rigid dan body lebih besar.

Smart key system dilengkapi dengan push-start system menguatkan nuansa sporty dan di Filipina menjadi yang pertama di kelasnya.

TMP meluncurkan Corolla Altis awal tahun lalu dengan dua pilihan mesin yaitu 1.8 liter dan 1.6 liter. Sampai saat ini, sudah 4.610 unit dikirim ke pembelinya.

sumber : Toyota Astra
Read More..

Toyota Kuasai 39,7% Penjualan Ritel Otomotif Nasional Bulan Januari


Pasar Otomotif Nasional 2009

Jakarta - Di bulan Januari 2009 ini, PT Toyota-Astra Motor berhasil menguasai pasar otomotif nasional dengan memperoleh market share sebesar 39,7% untuk penjualan ritel dari total penjualan ritel pasar yang diperkirakan sebesar 34.167 unit. Pencapaian bulan Januari ini meningkat dibandingkan dengan penjualan ritel Januari tahun sebelumnya yang mencapai 32,3%.

Produk-produk yang tetap menjadi andalan Toyota dan sangat diminati di pasar Indonesia, yaitu Avanza, berhasil mencapai penjualan ritel di bulan Januari ini dengan angka penjualan sebesar 7.235 unit atau meningkat 31% dari bulan yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 5.521 unit. Toyota Avanza memang merupakan produk yang fenomenal, bagaimana pun kondisi ekonomi yang terjadi di Indonesia, permintaan Avanza selalu mencapai hasil yang optimal.

Di kelas sedan, Corolla Altis mencapai hasil yang memuaskan dengan memperoleh penjualan ritel sebesar 152 unit atau meningkat 145% dibandingkan dengan penjualan pada bulan yang sama tahun sebelumnya. Sedan yang menjadi The Best Small Sedan pada penyelenggaraan Indonesian Car of The Year 2008 versi Majalah Mobil Motor memang menjadi pilihan yang tepat untuk para eksekutif yang berkualitas, performa yang tinggi serta didukung oleh pelayanan aftersales yang luar biasa di seluruh cabang Toyota di Indonesia.

Di kelas SUV, Fortuner juga mencatat hasil yang membanggakan dengan meraih penjualan sebesar 498 unit, meningkat 33,2% dari bulan yang sama tahun sebelumnya (374 unit). Sedangkan di kelas passenger car , Toyota Hi-Lux Single Cabin dan Toyota Dyna semakin menunjukan grafik peningkatan yang sangat baik. Di bulan Januari ini, penjualan Hi-Lux Single Cabin mencatatkan penjualan sebesar 452 unit atau meningkat 37% dari bulan yang sama pada tahun sebelumnya (330 unit). Untuk Toyota Dyna, penjualan di bulan ini mencapai angka 531 unit.


“Pencapaian di awal tahun ini cukup menggembirakan, di tengah kondisi ekonomi yang masih belum stabil ini Toyota berhasil menguasai pasar penjualan ritel sebesar 39,7%. Kami pun akan selalu berkomitmen untuk memberikan produk dan layanan yang terbaik untuk para pelanggan setia Toyota,” ucap Johnny Darmawan Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.

sumber : Toyota Astra


Read More..

Kombinasi a la Malta Toyota iQ-Blackberry


Toyota iQ baru saja diperkenalkan di Malta dan setiap pembelian mobil ultra mini mendapat hadiah Blackberry smartphone dari agen Toyota, Michael Debono Ltd, demikian ditulis Times of Malta, Minggu (8/2).

Toyota iQ diluncurkan di Malta awal Februari, bersamaan dengan peresmian showroom terbaru Michael Debono Ltd.

Malta adalah negara kepulauan berbentuk Republik di laut Mediteranian. Terdiri dari 7 pulau dan menjadi tujuan wisata karena iklim tropisnya, sejarahnya dan kehidupan malamnya.

Toyota iQ memang menarih perhatian dimana saja. Dengan dimensi pajang kurang dari 3meter, mobil ini memiliki wheelbase 2 meter sehingga memberi ruang yang cukup untuk mengakomodasi empat orang.

Sistem safety-nya juga menenangkan hati. Selain dilengkapi dengan teknologi ABS, EBD dan kontrol traksi, iQ dilengkapi dengan sembilan kantong udara termasuk untuk jendela belakang -yang pertama di dunia- guna meningkatkan keamanan penumpangnya jika terjadi benturan dari belakang.

Di Jepang, Eropa dan negara-negara lain, Toyota iQ membuat banyak orang jatuh hati dan penjualannya meningkat. Padahal konsumen Jepang dalam beberapa tahun terakhir, lebih suka mengunjungi gerai-gerai gadget daripada bertandang ke showroom mobil. Maklum, sarana transportasi massal yang murah dan nyaman membuat warga Jepang lebih suka naik angkutan umum daripada mobil pribadi.


sumber : Toyota Astra


Read More..

Prius Connection


Toyota Motor Sales USA, memfasilitasi pecinta Prius untuk mengenal lebih jauh generasi terbaru mobil hybrid paling laris ini. Toyota menyelenggarakan Prius Connection yang berkeliling dari satu kota ke kota lain di USA. Kegiatan ini dimulai pekan lalu di Detroit, bulan lalu.

Event ini bersifat terbatas dan hanya mengundang press, dealer, fans Prius dan calon pembeli potensial. Tim Morrison, corporate marketing manager, Toyota Motor Sales menegaskan, "Ini private event, bukan untuk promosi." Sebelum di New York, acara ini digelar di Washington, DC, dan setelah New York giliran Chicago. Los Angeles, dan San Fransisco juga termasuk kota yang akan dikunjungi Prius Connection.

Pengunjung mendapat penjelasan detail tentang mobil ini dari vehicle specialists. Stephanie Vohlgamuth, salah satu diantaranya, sudah bekerja untuk Toyota selama lima tahun dan tugasnya adalah menjelaskan mobil-mobil buatan Toyota. Dan ternyata banyak yang tertarik untuk membeli atau menukar mobil lamanya dengan Prius baru.

Scott Chase, pekerja IT dari New Jersey, tertarik untuk menukar Prius lamanya dengan yang baru. Chase sangat suka dengan kursi Prius baru yang bisa direbahkan namun masih ada sisa ruang untuk kaki penumpang belakang. Mark Rickey yang bekerja di balaikota New York menyukai fitur Touch Tracer dan memuji dua kompartemen yang sekaligus masih bisa dipakai menanam airbags.

Salah satu daya tarik dari Priuc Connection adalah "20 questions tree". Ini pohon buatan yang daun-daunya adalah kertas berisi pertanyaan tentang Prius. Pohon ini menguji seberapa jauh pengetahuan pengujung terhadap Prius.

2010 Prius menawarkan efisiensi lebih baik dari pendahulunya padahal menggunakan mesin lebih besar. Beragam inovasi diadopsi mobil hybrid ini. Seperti optional sunroof dengan panel sel surya yang memasok energi listrik untuk sistem ventilasi mobil. Juga tombol EV yang memungkinkan pengemudi mobil beroperasi hanya dengan tenaga listrik saja.

sumber : Toyota Astra Read More..

Camry Makin Komplit


Redisain Toyota Camry yang dipamerkan di 2009 North American International Auto Show di Detroit, pertengahan Januari lalu mendapat sambutan hangat dari konsumen. Toyota kini mengumumkan harga dari sedan keluarga paling laris di USA ini.

Harga 2010 Toyota Camry mulai dari 19,395 USD hingga 29,045 USD dan Toyota Camry Hybrid mulai 26,150 USD. Sebagian bersar varian Camry baru ini berada di rentang harga 20.000 USD hingga 25.000 USD. Dibandingkan harga sebelumnya terjadi kenaikan 281 USD atau 1,2 persen.

Redisain Camry mendapat mesin baru yaitu empat silinder 2.5 liter dengan teknologi variable valve timing with intelligence (VVT-i) yang memproduksi daya maksimal hingga 169 hp. Sedangkan untuk varian SE yang lebih sporti, mesin ini bisa menyediakan daya hingga 179 hp atau 21 hp lebih besar dari mesin empat silinder sebelumnya. Konsumen bisa memilih dua gearbox yaitu six-speed manual transmission atau six-speed automatic dengan sequential shift (bisa dipindahkan seperti manual). Varian Camry V6 3,5 liter dengan 268 hp juga mengalami penyegaran.

Perubahan pada sisi eksterior meliputi grille baru, bumper depan, saluran udara yang lebih besar, projector headlamp lebih besar dan disain baru lampu belakang. Camry juga mendapat alloy wheel baru.

Eskterior Camry Hybrid juga mengalami penyempurnaan dengan grille baru yang ekslusif, bumper depan yang berbeda dengan varian Camry lainnya, lampu kabut disain baru dan alloy wheel berdiameter 16 inch.

Camry juga memberi pilihan optional package berupan sistem audio yang dilengkapi USB port, Bluetooth, radio satelit, single-CD dan MP3. Selain itu, untuk meningkatkan keselamatan, semua varian Camry kini dilengkapi dengan Stability Control dan kontrol traksi.

sumber : Toyota Astra
Read More..

Toyota Target 700.000 Unit di China


Seperti produsen otomotif lainnya di seluruh dunia, Toyota juga mengalami tekanan hebat akibat krisis global saat ini. Pasar utamanya, USA mengalami pengerutan signifikan sehingga penjualan Toyota turun drastis.

Untungnya Toyota tidak bergantung pada satu pasar saja. Sudah sejak awal dekade ini, Toyota memupuk pasar-pasar baru di dunia. China salah satunya. Negara raksasa dengan pertumbuhan ekonomi di atas 9% per tahun itu kini tumbuh menjadi salah satu pasar otomotif terbesar di dunia. Diramalkan tahun ini China akan menggeser USA sebagai pasar otomotif terbesar di dunia.

Toyota sudah membangun sejumlah pabrik mobil di yang tersebar di seluruh China. Tahun ini Toyota berharap penjualannya meningkat 20%, hingga lebih dari 700.000 unit, seperti ditulis Sina.com.

Pasar otomotif China juga terpengaruh krisis global, tapi tidak sedahsyat Amerika Utara dan Eropa. Toyota akan fokus untuk meningkatkan penjualan di China sepanjang tahun ini, mengimbangi penurunan di pasar global. Sejauh ini, permintaan terhadap model-model Toyota yang dipasarkan di China cukup bagus. Toyota Camry dan Yaris misalnya, kini stoknya sangat terbatas. Sementara Lexus menunjukkan pertumbuhan penjualan yang mengesankan.

Tahun lalu Toyota menjual 585 ribu unit atau naik 17% dari tahun 2007. Namun angka itu dibawah target yang dicanangkan yaitu 600 ribu unit. Januari 2009, China mengambil alih posisi USA sebagai pasar otomotif terbesar di dunia. Ini sinyal positif kepada produsen-produsen otomotif global, termasuk Toyota. Produsen otomotif terbesar di dunia ini terus mengembangkan jaringan distribusi dan meningkatkan brand image-nya bersama mitranya, FAW Toyota dan Guangzhou Toyota.

sumber : Toyota Astra

Read More..

Ancaman PHK Menjauh


Karyawan pabrik Toyota bisa bernafas lega karena ancaman PHK semakin menjauh. Toyota Motor Corp. melakukan sejumlah langkah penghematan agar terhindar dari opsi pengurangan karyawan.

Seperti pekerja sektor otomotif dimanapun, ancaman PHK menggelayut di pabrik San Antonio, Texas. Pabrik ini beroperasi awal 2007 dengan produksi full-size pickup Tundra. Awal 2008, harga minyak bumi mulai melesat naik, mendorong konsumen menjauhi mobil-mobil boros bahan bakar termasuk full-size pickup. Tundra terimbas dan produksinya turun. Penjualan di Amerika Utara selama 2008 turun jadi 137.000 unit dari 196.000 unit tahun 2007. Kapasitas produksi San Antonio 200.000 unit dengan 1.900 karyawan.

Dalam kondisi sulit itu, Toyota mempertahankan tradisinya untuk tidak memecat satupun pekerjanya. Daripada PHK, Toyota pilih mengurangi jam kerja. Tahun lalu, San Antonio sempat berhenti produksi tiga bulan. Pekerjanya tetap mendapat gaji penuh. Untuk mengisi waktu kosong, mereka mendapat aneka pelatihan.

Salah seorang karyawan San Antonio, Lori Williams mengatakan pada Reuters, Rabu (18/2), “Kami sangat positif. Setiap orang disini sangat gembira karena tidak terkena pemutusan hubungan kerja.” Dia tetap bersemangat.

Pekan lalu Toyota mengumumkan rangkaian tindakan guna menghadapi kondisi paling buruk dalam sejarah otomotif dunia. Yang dilakukan termasuk memotong bonus karyawan kantor, mengurangi gaji eksekutif hingga 30% dan memotong gaji pekerja pabrik tertentu hingga 10% lewat pengurangan jam kerja.

“Kami berharap rangkaian tindakan ini bisa membantu kami menyesuaikan diri sekaligus melindungi pekerja (dari PHK),” kata Jim Wiseman vice president of external affairs, Toyota Motor Engineering & Manufacturing North America (TEMA).

Guna menghilangkan kesan boros bahan bakar, pekan lalu Toyota meluncurkan 2010 Tundra, dengan mesin V8 lebih kecil, lebih efisien.

sumber : Toyota Astra

Read More..

PT. Toyota Astra Motor: 2008, Jual Avanza Terbanyak Dalam Sejarah - OtoTrend, 13 Januari 2009


Penjualan Toyota di tahun 2008 makin sukses dengan membukukan penjualan 200 ribu unit. Hal ini terungkap disaat Toyota mengikuti ajang Jakarta Motor Show waktu lalu. "Kami sangat berterima kasih kepada para konsumen yang tetap setia kepada Toyota. Hasil tahun 2008 yang melampaui target merupakan hasil kerja keras seluruh pihak, kami pun akan semakin meningkatkan kerja keras kami untuk menghadapi tahun 2009 yang sangat menantang untuk tetap memberikan yang terbaik untuk semua pelanggan setia kami". papar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.

Pencapaian tahun lalu merupakan pencapaian terbaik Toyota dimana masing-masing kelas baik dari kelas sedan, kelas MPV, SUV hingga kelas kendaraan komersil, penjualan Toyota meningkat tajam dari pada tahun 2007.

Untuk sedan Vios, Corolla Altis, Camry dan Crown mencapai 17.397 unit yang meningkat sebesar 52,2% dibandingkan tahun 2007. Untuk kelas medium MPV dan SUV, Yaris, Innova dan Rush, Toyota berhasil membukukan angka penjualan sebanyak 80.112 unit, sedangkan penjualan terbesar tahun ini dicapai oleh Avanza dikelas MPV sebesar 85.535 unit yang merupakan rekor penjualan sepanjang sejarah, diikuti oleh Kijang Innova.

Untuk kelas kendaraan komersial, Toyota Hilux dan Dyna mencapai 19.923 unit dimana kali ini meningkat 119,6% dibandingkan tahun sebelumnya. Kali ini bukti bahwa produk kendaraan komersial Toyota semakin diminati sebagai mitra dagang yang mendukung bisnis para pengusaha di Indonesia.


sumber : Toyota Astra
Read More..

Followers

 

INFORMASI TOYOTA. Copyright 2008 All Rights Reserved Rudy Sunaryo